Proklim Rohil Kembali Jadi Terbaik se Indonesia

Sabtu, 28 September 2019 - 00:50:53 WIB Cetak

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rokan Hilir Suwandi SSos

Bagansiapiapi (MOMEN RIAU)- Program kampung iklim yang dijalankan oleh Dinas lingkungan hidup Rokan Hilir terus menunjukkan progress positif. Mulai dari suksesnya program tersebuut hingga prestasi tingkat nasional dan mendapat penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Berdasarkan surat Direktur adaptasi dan Perubahan Iklim, pada tanggal 25 September 2019, Rokan Hilir kembali meraih penghargaan Tropi proklim, untuk Lokasi Dusun Iman, kepenghuluan Balai Jaya,Kecamatan Balai Jaya,Kabupaten Rokan Hilir,Riau.

Dinas Lingkungan Hidup Rohil,mengusulkan 3 lokasi ke KLHK dan satu diantaranya mendapat penghargaan.

“Alhamdulillah,dari 3 lokasi yang diusulkan Rohil mendapatkan penghargaan untuk satu lokasi,dan ini merupakan satu-satunya di Provinsi Riau yang mendapatkan penghargaan,Kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Suwandi,Ssos,Jumat (27/9) di Bagansiapiapi.

Katanya, jika dihitung sejak Tahun 2014 sampai 2019 ini,Kabupaten Rokan Hilir telah meraih 12 kali penghargaan,baik berupa Tropi,maupun sertifikat Proklim untuk Tingkat Nasional jadi sampai saat ini kita masih menajdi daerah percontohan di Riau.

Katanya, penghargaan yang diberikan oleh KLHK kepada Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir,karena Rokan Hilir melalui Dinas Lingkungan Hidup dan pembinaan H Suyatno dinilai berhasil dalam membina program Kampung Iklim.

Sementara itu,Program Kampung Iklim (ProKlim) sendiri adalah program berlingkup nasional, yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain,untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim,dan penurunan emisi GRK,serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, yang telah dilakukan untuk dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal,sesuai dengan kondisi wilayahnya. 

 

laporan Puspa Sari




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ