Pelopor Kebhinekaan, Dewi Juliani Tekankan Pentingnya Menjaga Persatuan

Sabtu, 16 September 2023 - 11:26:28 WIB Cetak

PEKANBARU -- Sosok Hj Dewi Juliani SH adalah merupakan salah seorang pelopor kebhinekaan dalam pemilu yang menekankan pentingnya menjaga persatuan meskipun berbeda pilihan politik.

Baginya, pemilu adalah wadah ekspresi politik. Dan dirinya juga yakin bahwa perbedaan politik seharusnya memperkaya, bukan memecah belah.

" Perbedaan itu pada dasarnya indah, karena dapat memperkaya dan bulan memecah belah serta mendorong masyarakat untuk berperilaku bijak, mendengarkan, berdialog, dan menghormati pendapat orang lain," jelas Dewi Juliani.

Dewi Juliani juga meyakini bahwa persatuan dan kebhinekaan adalah aset berharga bagi bangsa ini, dan pemilu seharusnya memperkuat nilai-nilai tersebut.

" Intinya, demokrasi dianggap sebagai sistem di mana perbedaan pendapat dapat diekspresikan secara damai dan berbicara. Ini menciptakan lingkungan di mana konflik dapat diselesaikan melalui dialog dan negosiasi, bukan melalui kekerasan atau represi," terangnya kembali.

Menurut Bacaleg DPR RI dari Partai PDI Perjuangan ini salah satu aspek penting dalam demokrasi adalah menghargai perbedaan pendapat dan berusaha mencapai solusi bersama.

" Dalam masyarakat demokratis, perbedaan pandangan dianggap sebagai peluang untuk memperkaya diskusi dan mencapai solusi yang lebih baik secara kolektif, bukan sebagai ancaman," tegas Dewi Juliani. ****




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ