Gubernur Buka Semarak SMK 2023, Syamsuar:Berani Tampil Di Mall Artinya Sudah Siap Bersaing

Ahad, 20 Agustus 2023 - 06:33:47 WIB Cetak

Gubri Syamsuar, buka Semarak SMK 2023 di Mall Pekanbaru

MR.com (Pekanbaru) -- Semarak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) digelar oleh Dinas Pendidikan Riau di Mall Pekanbaru (MP) Minggu (20/8/2023) Jalan Sudirman Pekanbaru.

                              

Ada beberapa kegiatan dan perlombaan pada Semarak SMK 2023 yang berlangsung  dari 20 hingga 22 Agustus 2023 mendatang, seperti Launching SMK Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Lomba Kompetensi Siswa SMK tingkat Provinsi Riau, SMK Expo, Talk Show Vokasi, Launching lapak vokasi dan Website Rumah Vokasi Riau, Launching Aplikasi Junior Smart BRI dan Festival Belajar Nusantara RRI.

                             

Kegiatan semarak SMK 2023, merupakan penyelarasan persepsi arah baru pendidikan vokasi berbasis teknologi informasi dan komunikasi kepada seluruh program sekolah kejuruan dengan tujuan untuk mengasah ide kreativitas dan kemampuan bereksperimen bagi peserta didik.

                           

Acara ini dihadiri Gubernur Riau, Drs.H. Syamsuar, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Dr.H.Kamsol, MM, Ketua PGRI Riau Dr. Muhammad Syafi'i, S.Pd, M.Si,  Kabid SMK Disdik Riau Dr.Arden Simeru, M.Kom, Kabid Pembinaan SMA Drs.H. Fahmijan, M.Pd, Kepala Cabang (Kacab) Disdik se Provinsi Riau, Kepala SMK Negeri dan Swasta se Provinsi Riau serta para undangan.

                              

Acara Semarak SMK 2023 langsung secara resmi dibuka oleh Gubernur Riau yang ditandai dengan pemotongan pita untuk pembukaan SMK Expo, dalam kesempatan yang sama beliau juga melaksanakan Launching SMK BLUD, Launching Lapak Vokasi dan Website Rumah Vokasi Riau, Launching Aplikasi Junior Smart BRI.

                           

Gubernur Riau dalam sambutan menyampaikan, melalui pendidikan vokasi di Provinsi Riau merupakan salah satu bentuk untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya guna sehingga mempunyai peluang untuk bekerja di dunia industri, pentingnya pendidikan vokasi atau kejuruan untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan tenaga ahli profesional dan mengembangkan ilmu untuk berwirausaha.

                                

"Untuk pendidikan vokasi, Riau menjadi yang pertama di tanah air dan menjadi percontohan pendidikan vokasi karena Riau telah lebih dulu menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Penguatan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Melalui Kemitraan dengan Industri, Dunia Usaha, dan Dunia Kerja.Atas keberhasilan tersebut beberapa waktu lalu Pemprov Riau mendapat penghormatan mewakili Gubernur se-Indonesia menerima Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi," ungkapnya.

"Pendidikan vokasi sudah memiliki pusat keunggulan SMK di Riau dan saat ini sudah menjadi SMK  Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), 
seperti kita lihat hari ini, hasil produk SMK PK sudah berani di tampilkan di Mall Pekanbaru, artinya produk SMK PK di Riau sudah berani bersaing dengan produk-produk yang ada di Mall ini,”ujarnya.

Ia  berharap kemampuan tersebut tidak hanya ditampilkan di dalam daerah saja, namun juga harus mampu bersaing dengan produk-produk di luar daerah, baik Nasional maupun Internasional.Selain itu ia juga menjelaskan bahwa SMK BLUD harus siap bekerja sama dengan semua dunia industri baik itu di dalam maupun di luar.Karena SMK BLUD diminta untuk melahirkan produk-produk yang bisa dipasarkan baik untuk perusahaan yang melakukan kerja sama maupun untuk masyarakat.

"Kita tunggu hasilnya, mudah-mudahan memberikan hasil yang terbaik untuk daerah Riau, kita harapkan anak anak kita semuanya memiliki kompetensi sehingga mampu bersaing dengan anak yang ada diseluruh Indonesia maupun antar bangsa," ucapnya.

Usai membuka dengan resmi Semarak SMK 2023, Drs. H. Syamsuar, M.Si. didampingi Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Dr.H,Kamsol,MM meninjau stand-stand SMK yang mempromosikan produk-produk di pusat perbelanjaan di Jalan Sudirman  Pekanbaru.(Tim).




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ