Ribuan Masyarakat Bagan Batu Saksikan Pawai Karnaval HUT RI Ke 78

Selasa, 15 Agustus 2023 - 15:33:11 WIB Cetak

ROKANHILIR- Kendati cuaca cukup terik, namun tetap tak menyurutkan niat ribuan warga di sekitaran kecamatan Bagan Sinembah untuk menyaksikan pawai kemerdekaan yang ditaja dalam rangka perayaan HUT RI ke-78.

Dimana, jika pada tahun-tahun sebelumnya kegiatan karnaval dilaksanakan setelah upacara detik-detik proklamasi atau penaikan bendera. Namun untuk tahun ini kegiatan karnaval dilaksanakan sebelum detik-detik proklamasi, tepatnya pada Selasa (15/8) siang.

Berdasarkan pantauan dilapangan, untuk karnaval di kecamatan Bagan Sinembah. Seluruh peserta dilepas dari pelataran Suzuya Bagan Batu dengan menyusuri jalan Sudirman dan berakhir di lapangan sepakbola Bagan Batu Kota.

Pada pawai karnaval kali ini masih tidak jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana seluruh peserta selain menampilkan pakaian adat dan profesi, para pelajar juga menampilkan kreasinya.

" Untuk kegiatan karnaval tahun ini kita laksanakan lebih cepat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ujar Ketua Koordinator Pawai Karnaval, Sofyan Spd.

Hal ini dilakukan, lanjutnya lagi agar pada upacara penaikan dan penurunan bendera pada 17 Agustus tetap penuh makna, karena para pelajar juga akan ikut dalam upacara," terangnya kembali.

Dan pada pawai karnaval kali ini, lanjutnya lagi juga melibatkan seluruh pelajar dari berbagai tingkatan yang ada di kecamatan Bagan Sinembah.

Sementara itu Waka Polsek Bagan Sinembah, AKP H Syaf Yandra SH juga mengatakan, bahwa untuk mensukseskan kegiatan karnaval tersebut pihaknya menurunkan personil.

" Ya kita sudah tempatkan personil di sepanjang rute pawai karnaval, jadi bukan hanya Unit Lantas saja melainkan unit Sabhara juga kita turunkan untuk membantu unit Lantas mengamankan jalur lalu lintas, " katanya.

Hal ini menurut Waka Polsek perlu dilakukan karena rute pawai karnaval adalah merupakan jalan lintas sumatera. 

" Kalau di Bagan Batu semua kendaraan kita arahkan pada satu jalur, karena satu jalur jalan digunakan sebagai rute lintasan peserta pawai karnaval, oleh karena itu kita terapkan sistem buka-tutup. Karena kondisi jalannya menang hanya satu jalur, " terang Syaf Yandra kembali.

Ungkapan serupa juga disampaikan oleh Camat Bagan Sinembah, Drs Ahmad Atin yang turut menyaksikan secara langsung kegiatan karnaval di kecamatan Bagan Sinembah.

Hal ini juga dirinya mengaku puas dengan kesuksesan pelaksanaan seluruh rangkaian HUT RI diwilayah kecamatan Bagan Sinembah.

" Cukup menguras tenaga dan fikiran memang, tapi Alhamdulillah akhirnya semuanya berjalan lancar dan sukses tanpa ada gangguan apapun. Hal ini juga berkat kerjasama semua pihak, baik panitia maupun masyarakat yang saling bahu-membahu dilapangan, " ungkap Ahmad Atin. (Ndri/Rls)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ