Harteknas 2023, Dewi Juliani Ajak Generasi Muda Tingkatkan Semangat Kreativitas dan Inovasi

Kamis, 10 Agustus 2023 - 10:00:29 WIB Cetak

PEKANBARU -- Seiring dengan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) tahun 2023 diharapkan kepada seluruh generasi muda Indonesia untuk terus meningkatkan semangat Kreativitas dan Inovasi Teknologi.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Bacaleg DPR RI dari partai PDI Perjuangan, Hj Dewi Juliani SH, Kamis (10/8/2023).

Menurutnya, bahwa peringatan Hakteknas setiap 10 Agustus ini Hakteknas merujuk pada pelaksanaan terbang perdana (first flight) pesawat N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995.
Penerbangan perdana pesawat N-250 Gatotkaca itu dilakukan oleh Industri Pesawat Terbang Nusantara atau IPTN. Atas keberhasilan tersebut, pemerintah mengeluarkan Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 71 Tahun 1995 tentang Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

Atas keberhasilan penerbangan perdana pesawat N-520 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 itu, Presiden RI Soeharto menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) melalui KEPPRES Nomor 71 Tahun 1995 tentang Hari Kebangkitan Teknologi Nasional.

"Bahwa keberhasilan pelaksanaan uji terbang untuk pertama kalinya bagi Pesawat N-250 hasil produksi PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada tanggal 10 Agustus 1995 merupakan prestasi putera-puteri bangsa Indonesia yang membanggakan dalam upaya mengembangkan dan menerapkan teknologi di bidang kedirgantaraan pada khususnya, dan teknologi pada umumnya," ujar Dewi Juliani yang menyebutkan KEPPRES tersebut.

"Bahwa dalam rangka menumbuhkan sikap dan kehendak untuk mengembangkan dan menghargai prestasi yang lebih tinggi di bidang teknologi, dipandang perlu menetapkan tanggal 10 Agustus sebagai Hari Kebangkitan Teknologi Nasional," lanjut dalam keterangan KEPPRES Nomor 71 Tahun 1995

Tujuan penetapan Harteknas, lanjut Dewi Juliani lagi untuk menghargai keberhasilan putra-putri Indonesia dalam memanfaatkan, menguasai, dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

" Hari itu juga dapat dimaknai sebagai upaya meningkatkan semangat kreativitas dan inovasi teknologi untuk kemajuan bangsa di bidang iptek," ungkapnya.

Selain itu Hari Kebangkitan Teknologi Nasional juga bermaksud untuk memberikan dorongan kepada generasi penerus bangsa untuk terus menerus membangkitkan daya inovasi dan kreasi guna kesejahteraan dan peradaban bangsa Indonesia.

" Peringatan Hakteknas juga menjadi ajang penghargaan kepada para peneliti dan perekayasa yang sangat berprestasi dan produktif di bidang iptek. Hasil karya iptek yang ditampilkan itu juga menjadi kesempatan baik untuk memberikan pertanggungjawaban publik terhadap segala hal yang telah dilakukan oleh komunitas iptek dengan sumberdaya yang diberikan oleh rakyat Indonesia," tegas Dewi Juliani SH. ***




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ