Penutupan Kegiatan Pramuka Di LPKA Klas II Pekanbaru, Lanjutan HAN 2023

Rabu, 02 Agustus 2023 - 23:00:00 WIB Cetak

Kakanwil Menkumham Riau Jahari Sitepu, jadi Inspektur Upacara pada Penutupan Kegiatan Pramuka di LPKA Klas II Pekanbaru

 MR.com (Pekanbaru) - Penutupan Kegiatan Pramuka di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Pekanbaru, lanjutan dari Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023,  ditandai dengan  Upacara dan Api Unggun, yang dilaksanakan pada Rabu (02/08/2023) bertempat di Lapangan LPKA Rumbai Pekanbaru.

                                

Upacara penutupan, dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Menkumham Riau Jahari Sitepu, dihadiri oleh Pejabat Menkumham Riau seperti Kadivpas Mulyadi, Kadiv Yankum Edison Manik, Kadiv Administrasi Johan Manurung, Kepala UPT Pemasyarakatan se Kota Pekanbaru, Kwarda 04 Riau, Kwarcab Pekanbaru, Kapolsek, Babinsa dan Pembina Pramuka dilingkungan LPKA serta  Anak Binaan Pemasyarakatan (ABP).

                          

Terlihat upacara berlangsung dengan seksama, ABP yang berpakaian lengkap Pramuka, mengelilingi api unggun dan membentuk barisan sesuai arahan Komandan upacara, sebagaimana yang sudah diajarkan oleh Kakak Pembina Pramuka.

                                 

Selesai upacara, para ABP melakukan beberapa atraksi Seni seperti penampilan group Kewer Kewer dan Dancer Smapore, dengan diiringi musik yang heboh, sehingga para undangan dengan spontan terbawa untuk ikut beryanyi bersama ABP, sambil memberikan tepuk tangan yang gemuruh.

                              

Jahari Sitepu, "Saya merasa terharu malam ini, kegiatan ini adalah lanjutan dari kegiatan Hari Anak Nasional Tahun 2023, kegiatan ini akan berkelanjutan, dengan harapan kepada Kakak Kakak Kwartir jangan pernah bosan mengajar, mendidik dan membina anak anak kami disini.Buat Kalapas anak, saya ucapkan terimakasih atas terlaksananya acara malam ini," jelasnya.

Hampir senada dengan Kakanwil Menkumham, Ketua Kwarda 04 Riau H.Kasiarudin, "Kwarda itukan fasilitator, jadi kita mengkoordinir semua satuan baik swasta maupun pemerintah, jadi disini sudah ada Komunitas Pengayoman.wujud nyata komitmen Pak Kanwil jadikan Pramuka pendidikan non formal di samping pendidikan formal mereka, dengan tujuan untuk membentu mental dan akhlak anak anak disini," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, di LPKA sudah lama ABPnya belajar Pramuka bahkan Pelatihnya pun adalah Kakak Kakak yang sudah memiliki sertifikat.

"Pelajaran Pramuka di LPKA ini sudah cukup lama atas permintaan Kanwil Menkumham Riau, Kakak Kakak pelatihpun sudah bersertifikat semua.Para pelatih membentuk karakter mereka, berikan mereka pelajaran tentang bagaimana berbangsa yang baik, bernegara yang baik,  punya jiwa patriot, kompak sesuai janji Pramuka Setia dan Dharma," tambahnya.

Terakhir Kepala LPKA Klas II Pekanbaru Sugianto, mengucapkan terimakasih kepada semua undangan yang hadir.I

"Upacara malam ini adalah lanjutan dari kegiatan sempena Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2023, dengan harapan agar ABP disini bisa terhibur dan menambah ilmu, Pramuka adalah pelajaran non formal juga bagi mereka didampingi Sekolah formal yang mereka dapat, dengan harapan setelah mereka kembali ke keluarganya mereka bisa menjadi yang lebih baik dari sebelumnya," tutupnya.(Tim).
 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ