Download our available apps

Koramil 0321-03/Bgs Rohil Kembali Rutin Lakukan Patroli Karhutla di Akhir Pekan

BALAIJAYA -- Kendati hujan masih kerap turun, namun jajaran Koramil 0321-03/Bgs Rohil tetap mengingatkan pemantauan wilayah serta mengajak warga dalam rangka pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kali ini seperti yang dilakukan oleh dua orang Babinsa Koramil 0321-03/Bgs Rohil yang dipimpin oleh Serma Syahrudin saat melaksanakan kegiatan patroli dan sekaligus sosialisasi Karhutla kepada masyarakat yang berada di wilayah binaan.

Dimana, kegiatan kali ini dilakukan Babinsa bersama warga menyasar di semak belukar dan perkebunan kelapa sawit yang ada di kepenghuluan Pasir Putih kecamatan Balai Jaya, Sabtu (14/9/2024).

Adapun maksud dan tujuan babinsa melaksanakan kegiatan patroli sekaligus sosialisasi bahaya Karhutla yaitu guna memberikan contoh dalam mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak membakar hutan dan lahan terutama di lahan gambut yang dapat merugikan semua pihak nantinya.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIP yang dikonfirmasikan melalui Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Khairul Anwar membenarkan pelaksanaan patroli serta sosialisasi karhutla di wilayah binaan.

"Intinya, semua itu dilaksanakan salah satu upaya untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa dampak bahaya akibat karhutla sangat banyak merugikan masyarakat, Baik dari segi kesehatan, ekonomi dan lingkungan," katanya.

Danramil juga mengatakan kegiatan tersebut agar masyarakat juga ikut berperan lebih peduli serta berperan aktif dalam melakukan langkah-langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

" Bahayanya sudah jelas, membuka lahan dengan cara dibakar akan menimbulkan kabut asap yang berdampak pada pernafasan. Dan juga akan mendapatkan sanksi berupa denda yang tidak sedikit jumlahnya, " tutup Kapten Inf Khairul Anwar. (min)