Seminar Pantun dan Pentas Seni Budaya di TPTM Rohil, Menghidupkan Kebudayaan Lokal sampai Negeri Malaysia Oleh Lembaga Tepak Sirih

Selasa, 27 Juni 2023 - 22:43:38 WIB Cetak

Rokan Hilir,- Ditengah masyarakat Melayu, pantun adalah salah satu bagian dari jati diri,Sering dipergunakan dalam berbagai kegiatan kebudayaan seperti merisik, meminang, adat perkawinan dan berbagai kegiatan di Riau ini.

Sayangnya sekarang, generasi muda lebih cenderung mencintai budaya asing. Bahkan, bisa dikatakan budaya turun menurun  ini hampir terkikis habis.

Dengan adanya kegiatan Seminar Pantun dan Pentas Seni Budaya di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir, menurut Camat Tanah Putih Tanjung Melawan , Muhammad Zuhri SAg, pada Senin (26/6/2023) malam, sangat bagus dilaksanakan.

Camat Tanah Putih Tanjung Melawan memberikan apresisasi kepada Lembaga Tepak Sirih yang sudah melaksanakan kegiatan tsrsebut.

"Dengan kegiatan ini, hendaknya generasi muda di Rokan Hilir, khususnya Riau harus bisa terus menghidupkan kebudayaan-kebudayaan lokal yang ada,” kata Camat Tanah Putih Tanjung Melawan kepada wartawan, disela kegiatan yang dilaksanakan, di halaman Kantor Camat Tanah Putih Tanjung Melawan, Rokan Hilir.

, dia  menyayangkan jika tradisi pantun yang penuh makna ini sudah mulai bergeser dan terlupakan. Padahal pantun merupakan budaya yang sarat akan nilai-nilai kehidupan.

"Cerita-cerita lokal yang berisi pesan dan nasehat kehidupan disampaikan melalui pantun. UNESCO sendiri menetapkan tradisi pantun ini sebagai Warisan Budaya Takbenda di Paris, Perancis,"ujar Tokoh Masyarakat Tanah Putih Tanjuntung Melawan ini.

, kegiatan ini dihadiri juga ,Anggota DPRD Provinsi Riau Camat Tanah Putih Tanjung Melawan Muhammad Zuhri SAg, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Rokan Hilir Di Wakili Oleh Kabid Ekonomi Kreatif Upi Hamdani, Anggota DPRD  Rohil,Kapolsek,Danramil 002 Tanah Putih,Camat Tanah Putih Tanjung Melawan, Ketua PKK sekecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan,Kapolsek TPTM, Datuk Penghulu Dan Lurah Sekecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan,Tokoh Masyarakat Dan Tokoh Pemuda


Sementara itu, Camat Tanah Putih Tanjung Melawan Muhammad Zuhri SAg menambahkan, kegiatan ini menjadi salah satu upaya dari pemerintah untuk menggeliatkan kembali seni tradisional yang tidak boleh punah.

"Dengan kegiatan yang ditaja Lembaga Telak Sirih hendaknya bisa meningkatkan pemahaman generasi muda di daerah Rokan Hilir, khususnya Tanah Putih Tanjung Melawan, terhadap nilai budaya Melayu melalui  Seminar Pantun dan Pentas Seni Budaya ini," jelas Camat.

 

Disisi lain Ketua Lembaga Tepak Sirih Rokan Hilir, Rahmat Pantun mengatakan, kegiatan dengan tema "Lesatari Pantun Melayu" dimaksudkan untuk mengangkat kembali seni budaya masyarakat Tanah Putih Tanjung Melawn

"Sehingga generasi muda di zaman now ini dapat mewarisinya dan melestarikannya. Kebudayaan mengandung nilai-nilai pelajaran yang sangat penting bagi kehidupan. Di dalamnya terselip nilai-nilai moral, kebersamaan, keberanian, tanggung jawab, kedisiplinan, keteladanan, kemandirian, kejujuran dan nilai kebaikan lainnya,"jelas Rahmat Pantun

Dengan hadirnya, Roslan Madun yang dikenal sebagai seniman dan penyair Malaysia, serta pencipta Lagu Lemak Manis, sebut Rahmad, bisa memberikan nuansa Malaysia di Tanah Putih Tanjuntmg Melawan, Rokan Hilir.

"Kita juga ingin memperkenalkan kepada Ayahanda Roslan Madun mengenai seni pantun dan budaya lokal di Tanah Putih Tanjuntmg Melawan ini. Biar bisa juga diketahui sampai negeri Malaysia,"ucap dia.

Serangkaian acara dalam kegiatan ini yakni diawali dengan Seminar Pantun.  Kemudian, pentas seni budaya.

Tampil seni kompang, pencak silat, tari persembahan, tari Melayu, dan seni lainnya.***

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ