Verifikasi Titik Api, TNI/Polri dan Warga Padamkan Karhutla

Selasa, 20 Juni 2023 - 13:42:00 WIB Cetak

PUJUD -- Menindaklanjuti terpantaunya titik panas melalui aplikasi Dasboard Lancang Kuning, personil Koramil 02/TP bersama dengan Polsek Pujud dan warga serta perusahaan PT TMP langsung melakukan verifikasi dilapangan. 

Dimana, verifikasi tersebut dilaksanakan pada Selasa (20/6/2023) itu langsung menuju kelokasi, yakni di RT 03 RW 17 Kelurahan Pujud Selatan Kecamatan Pujud dalam aplikasi Hospot lancang Kuning di koordinat  1°24'36N 100°38'9E dan harus menempuh jarak sekitar 42 Km. 

Dan setibanya dilokasi,  Babinsa menemukan lahan yang terbakar dan melanda hamparan semak belukar yang diperkiraan luas lahan terbakar 27 Hektare. Dan dari hasil penyelidikan pertama diketahui bahwa lahan tersebut adalah milik Kelompok Nelayan Pujud Selatan.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIp yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati mengatakan, bahwa pemadaman kali ini adalah merupakan hari kedua.

" Perkiraan Lahan yang sudah Padam 25 Hektare atau sekitar 70 persen.  Dan pemadaman ini adalah merupakan hari kedua, " jelasnya.

Dalam upaya pemadaman itu,  lanjut Danramil lagi pihaknya membawa perlengkapan berupa kendaraan sepeda motor sebanyak 13 unit, Boat satu unit, satu Unit Mesin mini streker, satu Unit Mesin Robin, 9 Gulung Selang Sambung, satu Buah Nozel dan satu buah Selang Isap.

" Hambatan kita dilapangan, cuaca panas dan angin kencang, jarak TKP ke Koramil sejauh 48 Km dan untuk sampai lokasi kita juga terpaksa menggunakan  tranportasi Sungai," terangnya.

Dan ketika ditanya perkembangan terbaru, Danramil juga mengungkapkan kondisi titik api disekitar lokasi yang cuaca cerah. " Asap dilokasi tebal, dan angin juga sangat kencang, " ungkap Kapten Cba (K) Karnilawati. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ