Wakili Danramil, Babinsa 02/TP Hadiri Sosialisasi PAKEM

Kamis, 08 Juni 2023 - 11:44:52 WIB Cetak

PUJUD -- Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati yang diwakili oleh Babinsa,  Sertu Irdan Siregar ikut menghadiri kegiatan Sosialisasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan dalam Masyarakat ( PAKEM ) diwilayah kecamatan Pujud.

Hadir dalam kegiatan itu, Kesbangpol Rokan Hilir, Juni Rahmat, Kejari Rokan Hilir diwakili Kasi Intel Yopentinu Adi Nugraha SH, Ketua KUB Rohil, Firdaus SAg, Camat Pujud, Drs HM Yusuf Msi, Danramil 02/TP di wakili Sertu Irdan Siregar, Kapolsek Pujud di wakili Ipda Edi Purnomo, seluruh Lurah dan Penghulu se-kecamatan Pujud, Tomas, Toga dan Todat.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Kav Nugraha Yudha Prawiranegara SIp yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini memiliki satu tujuan dan satu makna yaitu memperoleh informasi yang benar tentang adanya aliran kepercayaan dan agama yang berkembang di masyarakat khususnya masyarakat di wilayah Kecamatan Pujud.

Selain itu Danramil juga mengatakan peran kejaksaan adalah membina dan mengawasi aliran kepercayaan serta agama yang berkembang di masyarakat diwilayah teritorial Koramil 02/TP.

“Maka dari itu diharapkan kepada masyarakat yang ada di wilayah Koramil 02/TP, jika ada menemukan fenomena aliran yang menyimpang langsung melaporkannya kepada pihak yang berwajib, jangan melakukan hal-hal yang dapat melanggar hukum”, tuturnya.

Tak lupa Danramil menghimbau kepada masyarakat jika mendapatkan informasi dari media internet, sebelum menyebarkan informasi tersebut mohon dicek dulu kebenarannya melalui tim Pakem Kabupaten Rokan Hilir.

Danramil juga menyambut baik serta mendukung pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini. Dirinya menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan ini untuk mendapatkan informasi, menyamakan persepsi, menciptakan kehidupan masyarakat yang aman, tentram, damai dan sejahtera, memelihara kondisi damai dan harmonis serta meningkatkan tenggang rasa dan toleransi.

Kemudian Danramil juga mengatakan perkembangan isu dan fenomena adanya aliran-aliran yang ada di tengah masyarakat perlu diwaspadai karena aliran-aliran itu cukup mudah dipelajari dari perangkat teknoligi atau internet oleh karena itu diperlukan upaya preventif untuk menghindari perpecahan, radikalisme.

" Fengan adanya Badan Koordinasi Penganut Aliran Kepercayaan Masyarakat (BAKORPAKEM) diharapkan mampu melakukan pendataan dan validasi terhadap seluruh aliran-aliran atau perkumpulan keagamaan yang ada di masyarakat," terang Danramil.

Beliau berharap sosialisasi ini mampu memberi langkah-langkah yang tepat bagi Kepala Lingkungan/Kepala Dusun dan masyarakat untuk bisa turut berperan dalam mencegah adanya pengaruh-pengaruh yang bisa menimbulkan gesekan ditengah masyarakat lainnya.

" Karena bukan hanya pemerintah atau aparat keamanan saja yang menanganinya akan tetapi anggota masyarakatlah yang sangat diharapkan menjadi terdepan dalam menjaga keharmonisan di lingkungan masyarakat dan wilayahnya," tegas Kapten Cba (K) Karnilawati. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ