Babinsa Koramil 02/TP Mediasi Batas Sepadan Lahan Warga

Senin, 05 Juni 2023 - 13:05:42 WIB Cetak

MAMUGO -- Untuk menghindari hal- hal yang tidak di inginkan terjadi dalam mediasi batas lahan di wilayah binaannya, Babinsa Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil, Pelda EH Purba mendamping mediasi sengketa batas lahan warga.

Dimana, selain Babinsa,  juga turut hadir Bhabinkantibmas dan aparat kepenghuluan serta masyarakat yang ada di kepenghuluan Mamugo kecamatan Tanah Putih,  Senin (5/6/2023).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati mengatakan permasalahan sengketa batas lahan seperti ini sering terjadi di wilayahnya dan sangat rentan dengan terjadinya perselisihan yang dapat menimbulkan keributan baik itu kelompok maupun perorangan.

Danramil juga menyebutkan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan perlu adanya mediasi kedua belah pihak dengan difasilitasi dari pihak pemerintah kepenghuluan.

" Seperti halnya yang terjadi saat ini, untuk itu saya hadir disini untuk mendampingi aparat kepenghuluan dan warga yang bersengketa,” ujarnya.

Permasalahan  batas tanah antara kedua belah pihak harus diselesaikan dengan cara mediasi karena kedua belah pihak bersikukuh klaim lahan tanah yang disengketakan tersebut. Untuk meredam adanya perselisihan, Babinsa turun langsung untuk membantu menyelesaikan permasalahan dengan cara mediasi.

Setelah dilakukan mediasi yang panjang akhirnya diambil kesepakatan untuk mediasi lanjutan dengan agenda pengecekan ulang batas-batas patok tanah.

" Ucapan terima kasih kepada Babinsa yang telah mendampingi warga yang bersengketa, sehingga permasalahan bisa terselesaikan dengan damai," ungkap Kapten Cba (K) Karnilawati. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ