Koramil 02/TP dan Warga Kembali Rutinkan Sosialisasi dan Patroli Karhutla

Senin, 05 Juni 2023 - 12:10:36 WIB Cetak

UJUNGTANJUNG -- Dalam rangka untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), jajaran Koramil 02/TP kembali menyambangi daerah binaannya untuk memberikan rasa aman dan nyaman.

Dimana,  kehadiran para personil Koramil 02/TP dan personil kepolisian dan warga ini adalah dalam rangka mengantisipasi adanya titik api akibat kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) dengan meningkatkan patroli dan sosialisasi kepada warga masyarakat.

Hal ini seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 02/TP Kodim  0321/Rohil, Praka Nickho Fernando pada Ahad (4/6/2023) bersama dengan masyarakat langsung melakukan patroli didaerah kepenghuluan Ujung Tanjung kecamatan Tanah Putih.

Selain menyasar semak belukar, Babinsa juga memberikan himbauan dan pesan kamtibmas pada warga masyarakat agar bersama-sama menjaga situasi kamtibmas di lingkungan masing-masing, sehingga situasi tetap aman dan kondusif.

“Maksud kegiatan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan adalah mensinergikan para pihak untuk melakukan pemantauan terutama di desa-desa rawan karhutla," kata Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) melalui Danramil 02/TP, Kapten Cba (K) Karnilawati.

" Sedangkan tujuannya adalah melakukan deteksi dini pada area rawan kebakaran, melakukan sosialisasi pencegahan, melakukan pemadaman dini, serta mewujudkan kehadiran unsur pemerintah," ujarnya.

Pendekatan kepada masyarakat juga terus diupayakan melalui sosialisasi pencegahan karhutla yang dilakukan tim patroli terpadu, dengan mendatangi masyarakat desa pada berbagai kesempatan.

Danramil juga selalu memberikan pesan dan ajakan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. " Biasanya disampaikan melalui aksi mendatangi rumah-rumah, kebun dan ladang, tempat berkumpul, bahkan kepada masyarakat desa yang mereka temui di rute patroli. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ