Babinsa Koramil 02/TP Terus Laksanakan Pengecekan Penyakit PMK Terhadap Ternak Sapi Warga

Kamis, 23 Maret 2023 - 13:24:06 WIB Cetak

TANJUNG MEDAN -- Babinsa Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil, Kopda Joko Purwanto kembali melaksanakan pemantauan sekaligus melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak milik warga binaan.

Dimana pada pemantauan ini Babinsa menyasar kepada Bapak Sukirno salah seorang peternak sapi yang berlokasi di kepenghuluan Pondok Kresek kecamatan Tanjung Medan, Kamis (23/3/2023).

Saat mengunjungi salah satu peternak sapi milik warga, Babinsa juga selalu mengingatkan kepada peternak untuk senantiasa melakukan pemeriksaan terhadap ternaknya masing-masing.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati mengungkapkan kegiatan ini di lakukan sebagai upaya antisipasi serta membantu kesehatan hewan ternak terkait wabah PMK yang saat ini sangat meresahkan masyarakat terutama yang memiliki hewan ternak sapi atau kambing.

"Kita turun ke Desa binaan serta melihat secara langsung hewan dan kita dapat memastikan kesehatan hewan ternak yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit wabah PMK," jelasnya.

Menurut Danramil, respon juga rutin melakukan himbauan kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta harus dapat mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah PMK.

“Kepada warga supaya tidak perlu takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternaknya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, luka pada kuku dan kuku terlepas, lepuh di mulut, lapor ke instansi terkait,” ujar Lettu Cba (K) Karnilawati. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ