Personil Koramil 02/TP Ikuti Apel Siaga Karhutla

Senin, 20 Maret 2023 - 12:23:09 WIB Cetak

PUJUD -- Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati yang diwakili oleh dua orang personil Babinsa yang dipimpin oleh Peltu Ilyas menghadiri apel siaga kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) di halaman Kantor Manggala 2 Estate PT Tunggal Mitra Plantation Kecamatan Pujud.

Apel gabungan yang dilaksanakan pada Senin (20/3/2023) ini diikuti oleh Aparat pememerintah kecamatan Pujud, Ac Riau Utara (Same Darby), Jimmy Sihata Sihombing, para Manager dan Staf PT TMP dan PT LTS, Personil MPA  PT Tunggal Mitra Plantation Kecamatan Pujud, tim Medis Puskesmas Pujud, Lurah dan Datuk Penghulu.

“Puncak musim kemarau semua kita harus waspada terhadap segala kemungkinan terjadinya bencana, diantaranya kebakaran lahan dan hutan,” terang Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han), Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati.

Dikatakan Danramil, selain pemadaman api, tim gabungan akan melakukan edukasi pada masyarakat. Salah satunya dengan tidak melakukan pembakaran lahan jika ingin membuka lahan.

Selain itu edukasi dilakukan karena apabila lahan terbakar sangat sulit untuk dipadamkan. Minimnya air disebut Simbolon menjadi salah satu kendala pemadaman di lapangan.

“Kita akan terus edukasi dan pendekatan kepada masyarakat. Upaya ini akan kami lakukan maksimal mungkin. Pengalaman sebelumnya, kalau lahan sudah terbakar, sulit untuk dipadamkan, karena sulit air,” katanya.

Setelah lahan terbakar dan sulit untuk dipadamkan, dampak lingkungan pun akan mulai mucul. Mulai dari dampak kesehatan, kabut asap sampai kepada terganggunya penerbangan.

“Kami yakin dengan persiapan yang lebih matang dan juga kolaborasi yang solid dari sektor swasta, pemerintah,TNI-Polri, Perhutani maupun masyarakat mampu menjaga hutan kita dari bencana karlahut," tegasnya.

Acara dilanjutkan dengan si simulasi cara cara mengatasi  kebakaran Lahan dan Hutan yang diperagakan oleh tim gabungan, berjalan dengan aman tertib dan lancar. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ