Dampingi Petani Mentimun, Babinsa Koramil 02/TP Ikut Serta Lakukan Perawatan

Selasa, 28 Februari 2023 - 11:28:24 WIB Cetak

SINTONG -- Sebagai seorang Babinsa, harus selalu bisa menjadi tauladan dan memotivasi warga yang menjadi binaanya.

Hal ini juga yang dilakukan Babinsa Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil, Serda T Sinambela dengan melaksanakan pendampingan kepada Bapak Ali salah seorang petani mentimun di kepenghuluan Sintong kecamatan Tanah Putih.

Kegiatan pendampingan yang dilaksanakan pada Selasa (28/2/2023) itu Babinsa juga turut membantu memberikan motivasi saat melakukan perawatan terhadap tanaman mentimun.

Diketahui, bahwa mentimun merupakan salah satu jenis buah-buahan yang sering digunakan untuk sayuran, dan mentimun ini akan berbuah banyak jika dirawat dengan baik.

" Dalam perawatan tanaman mentimun ini, tidak banyak memerlukan proses, hanya saja lahannya harus dijaga, agar selalu dalam kondisi yang bersih tidak bercampur dengan rumput, dan jangan lupa diberikan pagar untuk tempat merambatnya tanaman timun," ujar Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K)  Karnilawati.

Bahkan disela-sela kegiatan, Babinsa juga selalu menjelaskan, pada tanaman mentimun jika semakin banyak tunas yang dipertahankan maka tanaman akan lama menghasilkan buah, dan apabila tanaman menghasilkan buah, hasilnya pun tidak maksimal,” ujar Babinsa.

" Oleh karena itu perlu diadakan pemangkasan pada tanaman. Pemangkasan ini cukup penting untuk dilakukan agar menghasilkan buah yang maksimal. Pemangkasan tunas dapat dimulai pada usia 1 hingga 1,5 bulan setelah tanam dan dilakukan pada saat tanaman tidak sedang berbunga, " terang Danramil.

Danramil juga menjelaskan, bahwa Babinsa dalam mendampingi para petani dirasa sangat membantu, selain memberikan motivasi dan solusi, Babinsa juga menjelaskan bagaimana cara bertani mentimun yang benar guna meningkatkan hasil pertanian.

“Dengan adanya pendampingan yang dilakukan Babinsa diharapkan tanaman mentimun kali ini hasilnya dapat memuaskan, sesuai yang di harapkan,”ucapnya. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ