Danramil 02/TP dan Personil Hadiri Apel Siaga Karlahut

Kamis, 23 Februari 2023 - 12:17:50 WIB Cetak

PUJUD -- Sebagai wujud keseriusan Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil bersama dengan aparat pemerintah kepenghuluan,  Masyarakat Peduli Api (MPA) pada Kamis (23/2/2023) menggelar sosialisasi serta Apel kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla).

Dalam Apel yang dilaksanakan di halaman kantor Penghulu ini juga menggelar perlengkapan yang ada untuk digunakan pencegahan Karhutla, khususnya di wilayah kecamatan Pujud.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman kantor camat Pujud tersebut dihadiri oleh Danramil 0321-02/TP beserta 12 orang anggota, Kapolsek Pujud beserta 20 orang Anggota, Camat Pujud beserta 8 orang Anggota, Camat Tanjung Medan 2 orang Anggoa,  Lurah dan Datuk Penghulu dari dua kecamatan,  MPA dari dua kecamatan,  tim pemadam kebakaran PT Tunggal Mitra 12 orang, team Damkar PT HKBS 7 orang, team Damkar PT KASS 6 orang, team Medis Puskesmas Pujud 4 orang serta Ormas PP sebanyak 5 orang.

“Itu adalah wujud kepedulian serta langkah antisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan khususnya di daerah Kepenghuluan Mamugo, " ujar Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati.

Oleh karena itu sebagaimana kita ketahui bahwa beberapa minggu ini sudah terjadi panas yang cukup terik dan tidak turun hujan, dan walaupun turun hujan hanya sebagian kecil yaitu masih berupa hujan lokal yang masih memungkinkan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan.

“Dalam rangka mengantisipasi Karhutla, Koramil 03/Bunut melaksanakan Apel Kesiapsiagaan sekaligus menggelar Perlengkapan kita yang ada, " jelasnya kembali.

Setelah itu, lanjut Danramil lagi pihaknya juga akan bekerjasama dengan Instansi terkait, dalam hal ini Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni, Masyarakat peduli Api (MPA) dan  RPK dari Perusahaan yang ada di wilayah binaan.

"  Kemudian dengan Polsek selalu bersinergi untuk melakukan pemedaman di lapangan. Dan tidak ketinggalan yang sangat membantu selama ini kawan-kawan kita yang ada di perusahaan-perusahaan," terangnya.

Dimana pihaknya juga sudah menyampaikan bahwa harus tetap mewaspadai pada musim kemarau ini. " Semua ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi jika terjadi kebakaran, terutama dilahan masyarakat dan daerah sekitar lahan perusahaan," ungkapnya lagi.

Melalui kegiatan ini, selaku Danramil menghimbau kepada seluruh Elemen masyarakat agar tidak mengolah lahan tidak dengan cara membakar.

“Kenapa demikian? Karena apabila terjadi kebakaran yang tidak terkendali kita sama-sama mengetahui bahaya asap yang ditimbulkan oleh kebakaran sangat luar biasa dan menyerang saluran pernafasan kita, ditambah dengan adanya asap ini, sehingga sangat memungkinkan membuat situasi itu semakin parah”, tegasnya.

Oleh karena itu kami berharap kepada warga masyarakat agar betul-betul dalam pengolahan lahan tidak dengan cara membakar, apalagi jika dikaitkan dengan kesehatan yang lain.

" Kemudian dari segi pendidikan juga, kalau asapnya sudah sangat tebal kita tahu sendiri sudah beberapa kali di tempat kita ini anak-anak sekolah diliburkan, sekarang ini anak-anak kita ini baru mulai masuk sekolah, itupun baru beberapa sekolah yang ditunjuk oleh pemerintah untuk melaksanakan sekolah tatap muka," tegas Lettu Cba (K) Karnilawati. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ