Koramil 02/TP Hadiri Peresmian Rumah Belajar Inovatif

Senin, 13 Februari 2023 - 13:22:23 WIB Cetak

UJUNGTANJUNG --- Personil Koramil 02/TP yang dipimpin oleh Serda Tamson Sinambela ikut menghadiri kegiatan peresmian rumah belajar inovatif di kepenghuluan Sintong Pusaka kecamatan Tanah Putih.

Dimana kegiatan itu langsung dilakukan oleh Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong yang didampingi oleh para Kepala Dinas Pimpinan PT PHR, Perwakilan SSK MIGAS Sumbagut, perwakilan dari BRGM, Camat Tanah Putih, tokoh masyarakat, tokoh Adat, tokoh Agama, tokoh Pemuda dan para Datuk Penghulu, Ahad (12/2/2023).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati mengatakan, bahwa rumah belajar inovatif tersebut, merupakan bantuan dari PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) dari Program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

Dalam membangun rumah belajar inovatif itu, PT PHR bermitra dengan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove RI. Diharapkan dengan dibangunnya rumah belajar inovatif itu dapat dijadikan pusat inovasi desa peduli gambut untuk kemandirian energi dan pangan masyarakat.

" Pada areal rumah belajar inovatif tersebut PT PHR juga menyediakan rumah panggung, pembangkit listrik tenaga air microhilydro, Demplot pertanian lahan tanpa bakar, kolam ikan beserta pengolahan pangan ikan, dan beberapa fasilitas lainnya," ujarnya.

“Selain itu rumah belajar inovatif ini juga dapat dimanfaatkan untuk pelaksanaan kegiatan desa lainnya dan juga mitra mitra lainnya seperti pihak sekolah, perguruan tinggi dan lainnya,” ungkap Danramil.

Dengan adanya rumah belajar inovatif ini lanjut Danramil, sebagai pusat inovasi desa peduli gambut untuk kemandirian energi dan pangan desa diharapkan dapat berkontribusi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam hal restorasi gambut sekaligus mendukung program pemerintah dalam melestarikan lingkungan.

“Harapan kami juga rumah ini dapat menjadi sarana untuk mempertemukan element terkait guna melakukan diskusi terkait kreativitas serta inovasi dalam pelestarian lingkungan sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat,” paparnya. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ