Akhir Pekan, Babinsa Koramil 02/TP Tetap Laksanakan Pendampingan Stunting

Ahad, 29 Januari 2023 - 13:14:06 WIB Cetak

SINTONG -- Kendati memasuki libur akhir pekan,  namun hal itu tak menghalangi para personil TNI untuk mengetahui perkembangan kesehatan terhadap anak yang terdampak stunting.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil, Serda T Sinambela yang pada Ahad (29/1/2023) kembali melaksanakan kegiatan pendampingan Stunting.

Dan kali ini sasarannya adalah keluarga Bapak Ruswadi dan ibu Rosita yang memiliki anak bernama Pairin dan tinggal di Dusun Pematang Tonam Kepenghuluan Sintong Kecamatan Tanah Putih.

Disampaikan Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati, bahwa upaya percepatan penurunan stunting terus dilakukan dibeberapa kecamatan yang berada diwilayah Kodim 0321/Rohil.

Menurut Danramil,  selain mengunjungi kehadiran Babinsa ini yang secara berkala memantau perkembangan anak-anak stunting sekaligus termasuk membantu memberikan makanan tambahan gizi.

“ Sebagai Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS), kita terus berupaya melakukan pemantauan sekaligus pemberian makanan tambahan bergizi kepada anak-anak yang menderita Stunting, " ujarnya.

Monitoring dan pemberian makanan tambahan kepada Baduta stunting yang dilakukan masing-masing babinsa diharapkan dapat memacu tumbuh kembang balita agar saat mereka berumur 5 tahun nanti tidak tercatat lagi sebagai anak stunting atau pertumbuhan kerdil.

Pasalnya, usia 0-24 bulan atau bawah dua tahun merupakan periode pertumbuhan emas bagi anak. Masa ini juga sering disebut dengan 1000 HPK atau seribu Hari Pertama Kehidupan.

Kemudian BAAS sendiri merupakan upaya pemerintah untuk menurunkan angka stunting nasional, target pemerintah untuk menyelamatkan generasi penerus bangsa itu akan terealisasi dengan lebih ringan, tepat, dan cepat, apabila seluruh elemen yang ada ikut ambil peranan, termasuk kesediaan menjadi bapak/bunda asuh bagi anak-anak stunting.

" Kita yakin bahwa dengan pelayanan kesehatan jemput bola dari tenaga kesehatan (nakes) bersama stakholder terkait dan perubahan pola asuh anak, maka target wilayah Koramil 02/TP khususnya dan Kodim 0321/Rohil umumnya menjadi Zero Stunting akan dapat tercapai," pungkasnya. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ