Awal Tahun, Babinsa Koramil 02/TP Kembali Pantau dan Pengecekan Ternak

Ahad, 01 Januari 2023 - 13:33:05 WIB Cetak

MANGGALA -- Memasuki akhir tahun ,Babinsa Koramil 02/TP tetap rutin melaksanakan kegiatan perantauan dan pengecekan terhadap ternak-ternak warga binaannya. 

Hal ini dilakukan dalam rangka untuk mengetahui kesehatan serta mencegah penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Dan kali ini personil Koramil 02/TP yang dipimpin oleh Serda A Sinamo ternak sapi milik Bapak Candra warga Kepenghuluan Manggala Teladan kecamatan Tanah Putih, Ahad (1/1/2023).

" Kita tetap memaksakan kegiatan ini sebagai kegiatan rutin yang di laksanakan sampai sudah tidak ada lagi hewan ternak seperti sapi dan kambing yang terkena penyakit PMK," ujar Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati.

Danramil juga menghimbau kepada warga maupun peternak agar selalu menjaga kebersihan kandang dan kesehatan hewan ternaknya serta mengantisipasi datangnya hewan ternak seperti sapi, kambing dan kerbau dari daerah lain.

Jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah).

“Untuk sementara dari hasil pengawasan, dan pengecekan langsung dari Babinsa serta petugas terkait lainnya untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK,” tutup Danramil. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ