Bati Tuud Koramil 02/TP Berikan Materi Hadiri Sosialisasi Tagana dan Deteksi Dini Terorisme

Jumat, 30 Desember 2022 - 13:10:20 WIB Cetak

UJUNGTANJUNG -- Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati yang diwakili oleh Bati Tuud Koramil 02/TP, Peltu Lukas Joko Aprilanto tidak hanya menghadiri sosialisasi penanggulangan bencana alam dan karhutla dan deteksi dini faham radikalisme, terorisme.

Dan kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (30/12/2022) dan diikuti oleh Camat Tanah Putih, Kepala Susun, RT,  RW se-kecamatan Tanah Putih serta perwakilan masyarakat itu.

Dimana,  dalam kegiatan itu Bati Tuud Koramil 02/TP bersama Kasat Binmas Polres Rohil,  Iptu S Damanik juga dipercayakan untuk memberikan materi seputar pencegahan dini faham radikalisme dan terorisme. 

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati mengatakan, bahwa dengan adanya sosialisasi serta pelatihan penanggulangan bencana alam dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sangat diharapkan tidak kembali terjadi diwilayah Koramil 02/TP.

“Sebab, dengan adanya sosialisasi serta pelatihan tersebut warga bisa membantu tim satgas pemadam kebakaran apabila terjadi bencana alam atau Karhutla,” katanya. 

Danramil juga mengatakan Babinsa sebagai aparat kewilayahan mempunyai peran sangat penting di wilayah binaan termasuk ketika terjadi bencana alam serta kebakaran hutan dan lahan.

“Melalui sosialisasi serta latihan ini akan meningkatkan Babinsa dalam menghadapi situasi bencana alam dan kebakaran hutan dan lahan,” ujar Danramil.

Danramil juga mengingatkan kepada seluruh warga,  bahwa peran penting dalam penanggulangan terorisme, terutama dalam hal pencegahan. Sebagai garda terdepan yang berinteraksi dengan masyarakat, tiga pilar Kamtibmas mengemban fungsi basis deteksi.

" Dimana dalam hal ini baik Bhabinkamtibmas, Babinsa maupun aparat pemerintah melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk mendeteksi aktivitas kelompok radikal di wilayah," terangnya kembali. 

Untuk itu, lanjut Danramil lagi kemampuan deteksi dini perlu ditingkatkan demi menekan penyebaran paham radikal terorisme dan aksi terorisme itu sendiri.

" Aksi teror yang terjadi merupakan puncak gunung es yang muncul dari proses radikalisasi sebagai bagian bawah gunung es. Demi menghentikan penyebaran paham radikal terorisme, tiga elemen Kamtibmas harus membangun komunikasi dan kepercayaan masyarakat. Dengan demikian, sinergi dan kemampuan deteksi dini meningkat, paham radikal dan aksi teror pun dapat diminimalisir," tegas Lettu Cba (K) Karnilawati. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ