Babinsa Koramil 02/TP Kembali Ikuti Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Petugas Tracer

Jumat, 18 November 2022 - 12:46:39 WIB Cetak

SIDINGINAN -- Sejumlah Babinsa jajaran Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil yang dipimpin oleh Serma Seman menghadiri acara pertemuan peningkatan kapasitas bagi petugas palacakan kontak erat (Tracer) dan petugas Surveilans atau pengolah data Covid-19 yang dilaksanakan pada Jumat (18/11/2022) di aula Puskesmas Sidinginan kecamatan Tanah Putih. 

Acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kesehataan dalam hal ini Puskesmas Sidinginan dengan melibatkan seluruh petugas Tracer dan Seurveilans dari setiap Puskesmas, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTt (Han) yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati memaparkan fungsi dan tugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai petugas pelacak kontak erat kepada warga yang terkonfirmasi Covid-19 serta berkerja sama dengan instansi lainnya dalam melakukan Tracing sehingga dapat lebih Efisen melakukan tindakan penanganannya.

Danramil juga melanjutkan, petugas kontak erat atau Tracer merupakan garda terdepan dalam upaya menemukan kontak erat terkonfirmasi Covid 19, sehingga peranan petugas lapangan ini diharapkan dapat dibekali dengan keahlian yang tepat.

“Petugas tracer yang memang direkrut khusus untuk melakukan pelacakan, pencarian kontak erat Covid-19, ini juga melibatkan peranan Babinsa dan Bhabinkamtibnas yang dianggap lebih dekat dengan masyarakat,”ujar Danramil. 

Menurut Danramil, Babinsa dan Babinkamtibmas sebagai salah satu figur yang dekat dengan masyarakat dan memiliki kemampuan untuk melakukan persuasi kepada masyarakat, sehingga diharapkan mampu mempercepat proses pelacakan.

“Walaupun saat ini covid-19 telah jauh menurun, namun hal ini kita lakukan guna untuk lebih mengoptimalkan penanganan kasus covid-19 di wilayah Koramil 02/TP,”jelasnya lagi. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ