Wakili Danramil, Babinsa Koramil 02/TP Hadiri Open Defecation Free

Jumat, 21 Oktober 2022 - 12:32:12 WIB Cetak

TANJUNG MEDAN -- Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati yang diwakili oleh Babinsa,  Peltu Andre Cahyono menghadiri undangan dalam rangka Deklarasi Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan.

Dimana,  kegiatan yang dilaksanakan pada Jumat (21/10/2022) itu dikhususkan untuk dua daerah kepenghuluan di wilayah kecamatan Tanjung Medan,  yakni kepenghuluan Tanjung Medan dan kepenghuluan Sri Kayangan. 

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Camat Tanjung Medan, Bahrul Ssos, Kadis Kesehatan, Kepala Puskesmas Tanjung Medan, Korwil Tanjung Medan, serta Bhabinkamtibmas. 

Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Rapat koordinasi ODF yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Puskesmas Tanjung Medan) berkerjasama dengan perangkat desa serta Babinsa dan Babhinkamtibmas merupakan program pemerintah untuk membantu masyarakat tentang kesehatan.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati mengatakan, bahwa kehadiran TNI adalah untuk selalu bersinergi dengan aparat terkait guna membantu dan mengatasi segala bentuk kesulitan masyarakat yang ada di wilayah.

" Salah satunya memberi penjelasan serta pemahaman kepada warga akan penting nya kebersihan lingkungan untuk kesehatan, ungkap Lettu Cba (K) Karnilawati.

Danramil juga mengharapkan momentum ini sebagai awal dari pelaksanaan kegiatan penerapan sanitasi total berbasis masyarakat, untuk menjadi contoh bagi daerah-daerah lain.

“Jika tercipta lingkungan yang sehat maka akan tercipta kehidupan yang sehat, jika tercipta kehidupan yang sehat maka tercipta badan yang kuat, dan di dalam badan yang kuat akan tercipta pemikiran yang sehat juga," harap Lettu Cba (K) Karnilawati. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ