Babinsa Koramil 02/TP Bantu Petani Bersihkan Gulma di Hanpangan

Sabtu, 17 September 2022 - 13:12:05 WIB Cetak

MAMUGO -- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil dipimpin Pelda EH Purba membantu petani membersihkan gulma rumput di lahan ketahanan pangan (Hanpangan).

Lahan ketahanan pangan binaan Kodim 0321/Rohil yang ditanami nenas diatas lahan sekitar 5 hektare itu terletak di kepenghuluan Mamugo kecamatan Tanah Putih, Sabtu (17/9/2022).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati mengatakan, peran TNI khususnya Babinsa sangat penting dalam rangka menyukseskan program pemerintah dibidang Ketahanan Pangan (Hanpangan).

Oleh karena itu para Babinsa dituntut selalu berperan aktif pada setiap hal- hal yang berkaitan dengan pertanian.

“Seperti yang dilakukan oleh Babinsa dalam membantu petani nenas desa binaannya melaksanakan kegiatan pembersihan rumput liar dan gulma dengan cara mencabut rumput dan membuang tunas yg berada disekitaran pohon nenas sehingga tidak terganggu terhadap pohon nenas,” katanya.

Kegiatan ini lanjutnya, sangat disambut baik oleh petani, hal ini terlihat dari antusias petani dalam membersihkan rumput tanaman nenas. 

Dengan adanya pendampingan ini, Danramil juga mengharapkan agar tanaman kacang panjang yang ditanam akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petanipun akan meningkat.

“Hal ini tidak lepas dari pengawasan Babinsa karena dengan adanya pendampingan petani maka segala kendala yang dihadapi petani di lapangan akan di ketahui degan melibatkan PPL dan Babinsa dan mencari solusi yang baik agar para petani nenas dan palawija lainnya bisa mendapatkan hasil yang maksimal,”pungkasnya.(min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ