Junaidi AP Resmi Buka Rembuk Stunting di Kecamatan Bagan Sinembah Raya

Selasa, 06 September 2022 - 11:31:15 WIB Cetak

BASIRA-Sekretaris Kecamatan Bagan Sinembah Raya secara resmi membuka rembuk stunting aksi percepatan penurunan Stunting dan Pukesmas Bortrem bersama Pemerintah Kecamatan Bagan Sinembah Raya gelar.Selasa (06/08).

Stunting dan kekurangan gizi dapat berisiko pada hmbatan pertumbuhan fisik dan kerentanan anak terhadap penyakit,juga menyebabkan hambatan perkembangan kognitif dan pengaru pada tingkat kecerdasan dan produktivitas anak dimasa depan.

Dalam Sambutanya Kepala Pukesmas Bortrem,dr Sri Purwati Ningsih menyampaikan keseriusan tenaga Kesehatan Bagan Sinembah Raya melalui para Bidan Desa dalam upaya penurunan Stunting.

"Dikecamatan Bagan Sinembah Raya yang sebelumnya lokus Stunting ada 5 Kepenghuluan tetapi berkat kerjasama para bidan desa dan para kader posyandu dengan menerapkan inovasi dari Pukesmas Bortrem tahun ini hanya tinggal 2 Kepenghuluan Saja,"tuturnya.

Dilanjutkan dr Wati" melalui inovasi dari seluruh kader posyandu dan bidan desa serta melalui intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif, Upaya tersebut, akan lebih efektif apabila dilakukan secara konvergen,"tuturnya kembali.

Camat Bagan Sinembah Raya, Bajuri,S.SPd,M.Si melalui Sekretaris Kecamatan Junaidi,AP menyampaikan selaku  Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS),Kecamatan Bagan Sinembah Raya rembuk stunting ini menjadi pioritas.

"Di Kecamatan Basira saat ini ada dua lokus Stunting yaitu Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat dan Kepenghuluan Bagan Sinembah Timur,"Terangnya.

Junaidi AP menyebutkan kegiatan Rembuk Stunting merupakan langkah penting untuk memastikan integrasi pelaksanaan intervensi penurunan stunting secara bersama-sama. Yakni, antara OPD penanggung jawab layanan dengan sektor/lembaga/non lembaga pemerintah dan masyarakat.

 "Oleh karena itu, saya memandang Rembuk Stunting merupakan langkah penting dalam upaya penurunan stunting di Kecamatan Bagan Sinembah Raya dan saya harapkan seluruh peserta yang hadir dapat mengimplementasikan apa yang didapat dalam kegiatan rembuk stunting ini,"Ucapnya.

Disampaikan kembali," Sesuai dari monitoring tim Kecamatan Bagan Sinembah Raya kedepanya Kepenghuluan Bagan Sinembah akan kita jadikan Pilot Projects keberhasilan penurunan stunting dan sudah saya sampaikan kepada Bapak Camat yang nantinya akan kita berikan Surat Keputusan (SK) nya,"Pungkasnya.

Dari Pantauan Awak media Kegiatan Rembuk Stunting dihadiri oleh Seluruh Lurah dan Datuk Penghulu Sekecamatan Bagan Sinembah serta kader Posyandu dan PKK.

Usai menyampaikan kata Sambutan dan sekaligus membuka Rembuk  Aksi Pencegahan dan Penurunan Stunting dilanjutkan kegiatan pemberian materi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir.(Ndri)

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ