3 Personil Babinsa Koramil 02/TP Kembali Patroli dan Larang Bakar Lahan

Ahad, 28 Agustus 2022 - 12:57:35 WIB Cetak

UJUNGTANJUNG -- Jajaran Koramil 02/TP yang rutin melakukan pemantauan wilayah khususnya disejumlah titik dimaksud dalam rangka mengantisipasi adanya kebakaran lahan dan hutan. 

Hal ini seperti yang dilakukan oleh 3 orang Babinsa Koramil 02/TP yang dipimpin oleh Sertu Zulkifli pada Ahad (28/8/2022) yang terus aktif melakukan komsos dan patroli diwilayah binaannya. 

Selain menyusuri jalan setapak untuk memantau semak belukar dan lahan perkebunan milik warga yang ada di kepenghuluan Ujung Tanjung kecamatan Tanah Putih, Babinsa juga terus mengingatkan warga untuk tidak melakukan pembersihan lahan dengan cara membakar. 

Dan kegiatan ini juga menindaklanjuti meningkatnya suhu yang disebabkan oleh musim panas tiba, jajaran Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil terus berusaha melakukan patroli dan sosialisasi.

Dan bahkan, disela-sela kegiatan itu, Babinsa juga terus mengingatkan para petani untuk sama-sama menjaga lingkungan dalam rangka mengantisipasi kebakaran lahan dan hutan serta penegakan Prokes. 

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K)  Karnilawati mengatakan sosialisasi karhutla diwilayah binaan sebagai upaya antisipasi dan pencegahan. 

Selain itu,  kehadiran Babinsa juga untuk memberikan pemahaman tentang dampak buruk yang ditimbulkan akibat karhutla dan Babinsa juga mengajak kepada masyarakat untuk sama-sama peduli menjaga.

Dan selain itu juga untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Salah satunya agar dalam membuka lahan pertanian dengan cara tidak dibakar.

“Apabila menemukan tanda-tanda kebakaran segera melaporkan kepada Babinsa atau kepada petugas terkait yang ada di wilayah setempat agar api segera dipadamkan,” ujar Danramil.

Selain itu, lanjut Danramil lagi para pelaku pembakaran itu juga dapat dijerat dengan ancaman penjara. " Satu hal lagi,  bahwa pelakunya juga bisa di penjara dan denda. Untuk itu,  jangan membersihkan lahan dengan cara membakar, " himbaunya lagi. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ