Sampaikan Materi Makna Pancasila, Babinsa Koramil 02/TP Masuk Kelas Sekolah

Rabu, 24 Agustus 2022 - 13:52:41 WIB Cetak

TANJUNG MEDAN -- Babinsa Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil, Praka SC Simanjuntak kembali berupaya menanamkan nilai-nilai Pancasila pada generasi muda, khususnya siswa-siswi SMAN 1 Tanjung Medan. 

Prajurit TNI AD itu tampil di ruang kelas itu untuk memberikan materi singkat tentang pengertian Pancasila yang artinya lima dasar atau lima asas serta cara mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) yany dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K) Karnilawati menjelaskan, bahwa istilah Pancasila harus tetap dikenalkan kepada seluruh warga,  termasuk para pelajar. 

" Karena telah dikenal sejak zaman Majapahit pada abad XIV yang terdapat dalam buku Nagara Kertagama karangan Mpu Prapanca dan buku Sutasoma karangan Empu Tantular," jelasnya. 

Bahkan,  lanjut Danramil lagi dalam buku Sutasoma ini, selain mempunyai arti "Berbatu sendi yang lima" (dari bahasa Sansekerta) Pancasila juga mempunyai arti “Pelaksanaan kesusilaan yang lima” (Pancasila Krama).

"Hal tersebut mengandung pengertian, tidak boleh melakukan kekerasan, tidak boleh mencuri, tidak boleh berjiwa dengki, tidak boleh berbohong, tidak boleh mabuk minuman keras/obat-obatan terlarang," ujarnya.

Selain itu, masih kata Danramil lagi Pancasila adalah dasar negara yang disebut sebagai falsafah negara Indonesia.

Sila-sila dari Pancasila itu terdiri dari nilai-nilai dan norma-norma yang positif sesuai dengan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Pada 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila didasarkan pada tanggal 1 Juni 1945 Presiden sukarno menyebut pertama kali istilah Pancasila dalam suatu pidato di depan sidang Badan Persiapan Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Pancasila digunakan untuk menjadi dasar dalam mengatur segala bentuk arah dan gerak pemerintahan negara yang bertujuan untuk mengatur setiap penyelenggaraan dalam bernegara.

"Apabila Pancasila sudah diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat dijamin negara yang kita cintai ini akan aman tenteram dan sejahtera," ujar Lettu Cba (K) Karnilawati. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ