Babinsa Koramil 02/TP dan Poktanmas Kembali Fokus Bersihkan Gulma di Hanpangan

Senin, 27 Juni 2022 - 13:19:26 WIB Cetak

MAMUGO -- Sebagai salah satu jenis perawatan terhadap tanaman serta pengolahan lahan, untuk Koramil 02/TP bersama dengan Kelompok Tani Masyarakat (Poktanmas) terus fokus melakukan pembersihan di Hanpangan. 

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/TP, Pelda EH Purba yang melakukan perbersihan gulma di atas Hanpangan binaan Kodim 0321/Rohil yang terletak di kepenghuluan Mamugo kecamatan Tanah Putih,  Senin (27/6/2022).

Hal tersebut dimaksudkan agar memudahkan pengolahan serta pertumbuhan tanaman nenas yang ada di lahan ketahanan pangan seluas 5 hektare tersebut dapat tumbuh maksimal dan mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Menurut Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) yang disampaikan melalui Danramil 02/TP, Lettu Cba (K)  Karnilawati bahwa para babinsa di desa binaan memiliki andil dalam membantu kesulitan warga yang akan membuka ataupun melakukan perawatan lahan pertanian.

" Ini juga merupakan bagian dari para babinsa yang membantu mensukseskan program pemerintah upaya khusus (upsus) tanaman sayuran. Mereka juga dalam tugas membangun teritorial dan mewujudkan ketahanan pangan nasional," jelas Danramil. 

Apalagi,  lanjut Danramil lagi negara Indonesia adalah negara agraris, dan itu adalah identitas bangsa Indonesia yang harus diperkuat dengan pelaksanaan program ketahanan pangan nasional.

" Oleh karena itu pembinaan dan pendampingan harus selalu dilakukan oleh Babinsa. Dan untuk saat ini kegiatan itu ditujukan pada petani nenas sampai kolam ikan dalam program ketahanan pangan, " terang Lettu Cba (K) Karnilawati. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ