Kali Wates, Sungai di Perbatasan Riau-Sumut di Duga Tercemar Limbah

Sabtu, 11 Juni 2022 - 20:07:29 WIB Cetak

ROHIL- Sejak Jumat (10/06/2022) kemarin, aliran sungai yang dikenal 'Kali Wates' dan merupakan perbatasan Riau-Sumut di duga tercemar limbah.

Pantauan wartawan, Sabtu (11/06/2022) sekira pukul 15.00 WIB di salah aliran di wilayah Kelurahan Bahtera Makmur Kota Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), aroma limbah industri Pabrik Kelapa Sawit (PKS) masih tercium.

Kondisi air terlihat keruh kehitaman, akan tetapi tidak terlihat ikan yang mabuk. Ikan yang dikenal dengan nama Ikan Sapu-sapu masih terlihat melompat-lompat sebagaimana karakter ikan tersebut.

Menurut warga, sejak Jumat (10/06) kemarin limbah diduga dari PKS sudah turun. Ikan-ikan pun banyak yang mabuk sehingga masyarakat ramai-ramai mengambil ikan yang tak berdaya itu.

"Kemarin banyak ikan yang mabuk, tapi bisa jadi ditambah racun ikan oleh warga di hulu sana, tidak tahu juga," terang salah satu warga yang enggan disebut namanya. 

Dari penulusuran awak media, di hulu sungai merupakan wilayah Desa Sei Meranti Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel) Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Pabrik Kelapa Sawit yang berada di hulu sungai diketahui merupakan milik PTPN III dikelilingi Perkebunan Sei Daun milik PTPN III itu juga. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir, Suwandi S.Sos yang dikonfirmasi melalui WhatsApp sudah mendengar informasi tersebut dan akan menurunkan Tim Gakkum untuk memverifikasi laporan masyarakat.

"Insya Allah hari Senin kita turunkan tim Gakkum," kata Suwandi.

Kedatangan tim nantinya, lanjut Suwandi, tidak akan melakukan verifikasi ke PKS yang diduga mencemari sungai tersebut mengingat bukan berada di wilayah Kabupaten Rokan Hilir.

"Namun begitu nanti kami laporkan dengan Dinas Provinsi Riau untuk diteruskan ke Kementrian atau langsung berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara," pungkasnya.

Sebelumnya, masyarakat yang mengambil ikan-ikan yang mabuk itu sempat diabadikan Netizen melalui siaran langsung di media sosial Facebook dengan akun Ricky Wahab.

Video itu merekam suasana di Kali Wates tepatnya di sekitar jembatan Jln H. Imam Munandar Kecamatan Bagan Sinembah.

Terlihat warga masyarakat hanya dapat memandangi ikan yang mabuk dari bibir sungai yang tampak surut akibat kemarau. 

Dalam video dengan caption 'Ikan nya pada Mabok' itu mendapat berbagai komentar Netizen lainnya yang diduga merupakan warga sekitar.

Salah satunya akun Ade Wira Yuda yang berkomentar bahwa sungai sudah tercemar limbah PTPN tanpa menyebut PTPN mana yang dimaksud. Ia juga mengesalkan karena tidak bisa memancing ikan lagi.

"Gawat, sungainya sudah tercemar limbah PTPN yang gak bertanggung jawab ikan nya mati gak bisa mancing lagi," tulisnya di kolom komentar.

Hingga berita ini diberitakan, pihak PTPN III Sei Daun belum dikonfirmasi terkait dugaan limbah yang mengalir ke sungai tersebut. (Rls/Ndri)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ