Optimalkan Pengawasan Wilayah, Babinsa Koramil 02/TP Kembali Patroli dan Sosialisasi Karhutla

Senin, 14 Maret 2022 - 13:04:33 WIB Cetak

SINTONG -- Dua orang Babinsa Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil dari Kelompok 4, yang dipimpin oleh Serma Suyaka bersama masyarakat selalu aktif melaksanakan Patroli dan Sosialisasi Karhutla di wilayah yang dianggap rawan terjadi Karhutla.

Seperti yang dilakukan pada Senin (14/3/2022) kali ini di wilayah kepenghuluan kepenghuluan Sintong kec Tanah Putih, tepatnya pada titik Koordinat N 1°29'11"  E 100°29'38." 

Seperti diketahui bersama bahwa sebagian besar wilayah Kabubupaten Rohil adalah hutan, maka dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut, Babinsa baik secara Individu maupun bersama Tim Gabungan terus melaksanakan kegiatan Patroli sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat yang ditemui saat berpatroli.

Disampaikan Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han) melalui Pgs Danramil 02/TP, Lettu Inf Sudarwanto membenarkan kegiatan tersebut. 

Dalam kegiatan itu, lanjut Danramil lagi pihaknya juga mengingatkan kepada masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar dan juga mengingatkan kepada masyarakat yang sedang membersihkan lahan agar menjaga api apabila sedang membakar, agar tidak terjadi kebakaran, apabila membuang puntung rokok agar puntung rokok sebelum dibuang harus dipastikan telah padam.

" Patroli Karhutla ini secara rutin dilaksanakan oleh Babinsa untuk memantau titik api guna mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah tersebut, dengan mengajak masyarakat lebih berperan aktif melakukan tindakan pencegahan dengan melaksakan patroli bersama, " ungkap Sudarwanto. 

Ditambahkannya, apabila masyarakat melihat atau menemukan orang yang dengan sengaja ataupun tidak dengan disengaja membakar lahan atau hutan segera melaporkan.

" Baik itu kepada aparat di Desa baik itu kepada Babinsa, Babinkamtibmas maupun unsur perangkat Desa lainnya agar dengan cepat dapat ditindak lanjuti”, tegasnya.

Danramil juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan patroli agar seluruh daerah terhindari dari kebakaran hutan dan lahan khususnya di Wilayah Koramil 02/TP. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ