Babinsa Koramil 03/Bgs Berikan Materi Manasik Haji

Ahad, 13 Maret 2022 - 14:21:57 WIB Cetak

BAGANBATU -- Personil TNI tidak hanya mutlak bertugas menjaga keamanan dan kedaulatan saja,  melainkan juga memberikan pengetahuan kepada seluruh masyarakat binaannya. 

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 03/Bgs Kodim 0321/Rohil, Serma H Alfan Arbudi dengan gembira dan terbuka memberikan materi manasik Haji kepada Calon Dhuyufu Rahman Tahun 1443 H - 2022 Masehi Jama ah Haji Kec Bagan Batu di Masjid Al Munawwarah Bagan Batu, Ahad (13/3/2022).

Dihadapan jemaah, Serma H Alfan Arbudi menjelaskan bahwa pelaksanaan ibadah Haji ini merupakan Ibadah Fisik maka kepada Jama ah Haji dibutuhkan kesehatan yang prima, ilmu, biaya selama perjalanan ibadah Haji sehingga jamaah dapat mengerjakan semua syarat,rukun sunnahnya Ibadah Haji dengan sempurna. Dengan demikian maka tercapai cita-cita semua jamaah yaitu menjadi Haji yang Mabrur oleh Allah SWT.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Inf Muhammad Erfani SH MTr (Han)  melalui Danramil 03/Bgs, Kapten Inf M Manurung menyambut positif dengan kegiatan yang dilakukan oleh personilnya. 

Danramil juga mengatakan, bahwa dalam kesempatan itu Babinsa menyampaikan, bahwa untuk menunaikan ibadah merupakan Ibadah wajib bagi umat Islam yang memenuhi syarat secara syariat.

" Namun Allah SWT maha adil maha segalanya walau pun kita tidak punya kemampuan untuk menunaikan ibadah Haji dan Umroh, Allah SWT tetap memberikan peluang kepada kita untuk bisa meraih pahala seperti seseorang mengerjakan haji yang Mabrur dengan cara melaksanakan shalat 5 waktu dengan berjamaah di masjid," ujarnya. 

Selain itu, masih kata Danramil lagi jemaah juga tetap melaksanakan ibadah-ibadah sunnah untuk menyempurnakan ibadah Wajib seperti Shalat Sunnah Qabliatan dan Shalat Sunnah Ba'diatan, Shalat Qiamulail Berzikir, Membaca Al Qur'an.

" Juga Shalat sunnat Witir 3 Rakaat untuk menutup Shalat Qiamulail yang kita kerjakan dengan Istiqamah sampai kita menghembus nafas terakhir tidak pernah kita tinggalkan kecuali kita sedang Uzur atau sakit, dan kita senantiasa memperbanyak melaksanakan puasa-puasa Sunnah diawal tiap-tiap bulan Hijriyah, tanggal 13, 14, 15 pertengahan bulan hijriah, akhir dari tiap bulan Hijriah, melaksanakan puasa Sunnah rutin Senin dan Kamis karena ini merupakan Sunnah Rasulullah SAW yang tidak pernah beliau tinggalkan kecuali Rasulullah SAW sedang sakit dan ibadah puasa itu miliknya Allah SWT," terangnya kembali. 

Sementara itu Serma H Alfan Arbudi juga menceritakan tentang pengalaman selama menjadi Petugas Haji Arab Saudi apabila jamaah terpisah dengan rombongan atau terpisah dengan suami, istri hendaklah jamaah tidak panik.

"  Dan hendaklah jamaah mencari petugas Haji yang berada disekitar Halaman Masjidil Harom dan Masjid Nabawi Madinah untuk minta bantuan petugas Haji Arab Saudi yaitu bagian perlindungan Jam ah yang selalu Standbye di Halaman Masjidil Harom dan Masjid Nabawi Madinah ini memang Tugas kami sebagai Perlindungan Jamaah Haji Indonesia," urainya. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ