Tanggapan Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai Terkait Giat Panen Raya Padi

Sabtu, 12 Februari 2022 - 19:08:25 WIB Cetak

DUMAI (Momen Riaucom) – Walikota Dumai bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta Pimwil Bulog Riau dan Kepri Lakukan Panen Raya Padi di Kelompok Tani Tunas Harapan, Jalan Melati, Kelurahan Tanjung Penyembal, Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai Tahun 2022. Sabtu, (12/02/2022).

Menyikapi Panen Raya Padi ini, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai Nurzerwan, S.E, M.Si memberikan apresiasi kepada petani dan kelompok tani di Kelurahan Tanjung Penyembal ini yang telah memprakarsai terselenggaranya acara ini sekaligus mengucapkan selamat dan Alhamdulillah pada hari ini akan melakukan panen raya bersama.

“Ini adalah upaya pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan akan pangan masyarakat terus digalakkan dan diupayakan dengan berbagai keterpaduan kegiatan, seperti salah satunya melalui Program Swasembada Pangan PAJALE (Padi, Jagung dan Kedelai), dengan sasaran produksi pangan terutama padi atau beras,” ujar Nurzerwan.

Upaya tersebut diharapkan selain mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat juga dapat sebagai sarana untuk peningkatan pendapatan masyarakat.

Pada kesempatan ini, izinkan kami untuk melaporkan beberapa hal sebagai berikut :

1. Pengembangan tanaman padi di Kota Dumai hanya terdapat di 2 kecamatan yakni Kecamatan Sungai Sembilan dan Kecamatan Dumai Timur. Adapun luas penanaman padi pada tahun 2021 seluas 1.197 ha yang terbagi di Kecamatan Sungai Sembilan seluas 1.162 ha dan Kecamatan Dumai Timur seluas 35 ha. Di jalan Melati ini telah ditanami padi seluas +- 150 Ha dan lebih kurang 20 ha bisa ditanami 2 kali dalam setahun (IP 200) termasuk yang kita panen hari ini, bahkan di daerah ini pula produktifitas tanaman padi terbesar di Kota Dumai yakni mampu mencapai + 4,9 ton/Ha diatas produktivitas Provinsi Riau;

2. Adapun varietas yang ditanam di Kota Dumai diantaranya : MSP (Mari Sejahterakan Petani), Inpari, padi lokal (ramos, kuku balam), jenis pulut dan varietas lainnya;

3. Pada tahun 2021 yang lalu Kelompok Tani Tunas Harapan ditunjuk sebagai kelompok penangkaran padi seluas 10 ha sumber dana APBD I Propinsi Riau dan insya Allah pada tahun ini akan mendapat alokasi padi Dem Area BTS (Budidaya Tanaman Sehat) seluas 50 ha sumber dana pusat yang terbagi di 2 (dua) Kecamatan yakni di Kecamatan Sungai Sembilan seluas 25 ha dan Kecamatan Dumai Timur seluas 25 ha serta Kegiatan Penangkaran seluas 10 ha sumber dana APBD I;

4. Produksi padi di Kota Dumai pada tahun 2021 adalah sebesar + 7.042, 27 Ton GKP (Gabah Kering Panen) atau setara dengan 4.418,32 Ton Beras, hanya bisa memenuhi 17,5 % kebutuhan beras masyarakat  Kota dumai.  Sehingga masih sangat besar peluang pasar untuk di Kota Dumai.

Sementara Walikota Dumai H. Paisal, SKM. MARS mengutarakan, Alhamdulillah, panen raya hari ini sekalian Mou dengan Pimpinan Bulog Dumai.

“Kita berharap para Petani tidak lagi memikirkan pemasaran berasnya. Dan kami juga instruksikan kepada OPD terkait untuk senantiasa melakukan pembinaan pada para Petani yang ada,” ucap H Paisal Walikota Dumai.

Acara Panen Raya Padi ini dihadiri oleh Walikota Dumai, Ka Kanwil Perum Bulog Riau-Kepri, DPRD Dumai, DANDIM 0320 Dumai, Polres Dumai, Ketua Kadin, Ka. Bulog, Kadis beserta Kabid dan Kasi lingkup DKPP, Lurah Sekecamatan Sungai Sembilan, Penyuluh Pertanian se-Kecamatan Sungai Sembilan, Gapoktan se-Kecamatan Sembilan dan Ketua Poktan Kelompok Tani Tunas Harapan beserta petani.(RMN)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ