Lagi, Babinsa Koramil 03/Bgs Verifikasi Hotspot Pantauan Satelit

Jumat, 21 Januari 2022 - 10:55:35 WIB Cetak

BAGANBATU -- Panasnya cuaca belakangan ini sangat berpotensi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) membuat seluruh aparat meningkatkan pemantauan dilapangan. 

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 03/Bgs Kodim 0321/Rohil yang langsung turun kelapangan pasca munculnya hasil pemantauan hotspot di wilayah Koramil 03/Bgs, Jumat (21/1/2022).

Dan untuk memastikan itu, Babinsa Koramil 03/Bgs Kodim 0321/Rohil kembali melakukan verifikasi Hotspot  dengan titik koordinat N 1°41' 33" E 100' 33' 26" E, tepatnya di PKS PT SPC Kolam Limbah dekat cerobong tungku bakar kepenghuluan Balai Jaya,  kecamatan Balai Jaya. 

Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol melalui Danramil 03/Bgs Kapten Inf M Manurung membenarkan bahwa hasil verifikasi, hotspot yang terpantau di Satelit bukan titik api.

“Untuk memastikan apakah itu titik api atau bukan, tim satgas melakukan verifikasi lapangan, puji Tuhan bukan titik api,” ungkap Danramil.

Dijelaskannya, titik hotspot yang terpantau satelit dan aplikasi Lancang Kuning, bisa dibilang tidak semuanya titik api. Sebab, cara kerja pendeteksian adalah ada hawa panas disuatu titik.

“Maka dari itu, untuk memastikan dilakukan verifikasi, apabila benar adanya kebakaran lahan atau hutan, tim satgas berkoordinasi dengan stakeholder lain untuk sama-sama menanggulangi,” tandasnya. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ