Jelang Kick Off Vaksinasi Untuk Anak Usia Dini Forkopimcam Basira Gelar Sosialisasi

Selasa, 18 Januari 2022 - 10:39:21 WIB Cetak

ROHIL –Menjelang Kick Off Vansinasi untuk anak usia dini usia 6 sampai 11 tahun Forkopimcam Kecamatan Bagan Sinembah Raya gelar Sosialiasi Vaksinasi guna meningkatkan Herd immunity anak-anak sebagai upaya menghentikan laju penyebaran virus Covid-19.Selasa(18/01)

Data yang berhasil dirangkum awak media kegiatan sosialiasi digelar di Aula Kantor Kecamatan Bagan Sinembah Raya dihadiri oleh seluruh Kepala Sekolah Dasar Sekecamatan Basira.

Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Farris Nur Sanjaya SH SIK MH didampingi Camat Basira Drs HM Yusuf MSi,Danramil 03/Bgs Kapten Inf M.Manurung serta Kepala Pukesmas Bortrem, dr Sri Purwati Ninggsih,Kanit Lantas AKP Syaf Yandra,SH menyampaikan sangat pentingnya sosialiasi pemberian vaksin untuk usia dini.

"Dengan melalui Sosialiasi ini kami menghimbau kepada pihak sekolah agar pada saat pelaksanaan vaksinasi anak di dampingi oleh orang tua baik pada proses pendaftaran, skrining dokter dan penyuntikan vaksin sampai Observasi setelah vaksinasi." ucap Kapolsek.

Farris Nur Sanjaya berharap dengan adanya vaksinasi anak ini, percepatan vaksinasi demi terbentuknya herd immunity dapat segera tercapai dan semoga pandemi ini dapat segera berlalu.

"Respon positif dari seluruh kepala sekolah dan dewan guru serta wali murid yang kami undang untuk mengikuti giat sosialisasi vaksin anak, patut di apresiasi sehinga saya yakin program pemerintah tentang vaksinasi usia 6 sampai 11 tahun dapat berjalan lancar guna lancarnya proses pembelajaran tatap muka,"terangnya kembali dIbenarkan oleh Danramil 03/Bagan Sinembah.

Sementara Kepala Pukesmas Bortrem,dr Sri Purwati Ninggsih memaparkan teknis pemberian Vaksin kepada anak usia dini jenis Vaksin yang akan di gunakan untuk anak usia 6 sampai 11 tahun Sinovac yang sudah memiliki Emergency Use Autorization (EUA) serta izin dari Balai pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

"Penyuntikan vaksin dilakukan dengan cara injeksi ke dalam otot tubuh di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mili. Vaksinasi diberikan sebanyak 2 kali dengan interval minimal 28 hari. Sebelum pelaksana vaksinasi harus dilakukan skrining dengan menggunakan format standar oleh petugas vaksinasi hanya dengan jenis Vaksin Sinovac,"terangnya kembali.

Dijelaskan Kapus Basira"Teknis pemberian vaksin tetap seperti sebelumnya dengan melalui istrahat yang cukup dan konsumsi sarapan yang bergizi."terang kapus secara detail.

Camat Bagan Sinembah Raya Drs HM Yusuf MSi menyampaikan dalam Sosialisasi menjelang Kick Off Vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun mengungkapkan sebanyak 15 sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Basira harus berperan aktif guna menyukseskan program ini.

"Di kecamatan Basira dari jumlah Statistik kalau dihitung dari data pokok pendidikan sebanyak 15 sekolah Dasar cukup banyak untuk mendapat vaksinasi direntang usia dini, insya Allah kita bersama tenaga kesehatan Pukesmas Bortrem akan segera melaksanakanya,"ucap Camat Basira.

Dalam hal ini juga Camat Basira menyampaikan Orang tua memiliki peran penting dalam menyukseskan vaksinasi bagi anak usia 6-12 tahun, berharap melalui partisipasi aktif orang tua siswa untuk mengajak anak-anak usia 6-11 tahun untuk vaksinasi COVID-19 bisa membantu mempercepat cakupan vaksinasi di Basira

“Kami mengajak kepada orang tua agar anak-anak segera mendapatkan vaksin, mereka divaksin di sekolah bisa, diajak ke puskesmas juga bisa. Juga terima kasih kepada Nakes yang telah menggelar vaksinasi selama ini dan saat ini mari kita bersama-sama kita selamatkan anak kita dimasa pandemi ini,” Pungkasnya

Usai menyampaikan berbagai pemaparan strategi dilanjukan diskusi dengan seluruh kepala sekolah dan wali murid dalam persiapan gelaran vaksinasi serentak untuk anak usia dini.(Ndri)

 

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ