Pok 5 Koramil 02/TP Lakukan Pengawasan dan Perawatan Tanaman Hidroponik di Pesantren

Sabtu, 15 Januari 2022 - 13:43:24 WIB Cetak

CEMPEDAK RAHUK -- Guna mengetahui perkembangan setiap tanaman, untuk kesekian kalinya jajaran Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil kembali mendatangi Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah kelurahan Cempedak Rahuk kecamatan Tanah Putih. 

Dan kali ini giliran Kelompok 5 Koramil 02/TP yang dipimpin Serma Seman yang turun melakukan pengawasan sekaligus perawatan budidaya sayuran hidroponik Program CSR Han Pangan bekerjasama antara Kodim 0321/Rohil dan PT PHE Siak, Sabtu (15/1/2022).

Dimana, luas lahan hidroponik ini ada sebanyak satu blok 1x4 m dengan jumlah blok sebanyak 10 blok dan total 4 m X 10 blok = 40 m dan memiliki jumlah lobang keseluruhan 1.000 lobang

Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Pgs Danramil 02/TP, Lettu Inf Sudarwanto membenarkan kegiatan tersebut. 

Menurut Danramil, bahwa kegiatan tersebut adalah untuk melihat perkembangan da ari tanaman sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik yang ada di Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah. 

" Hari ini kita kembali memberikan pendampingan terhadap pihak pengelola Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah untuk sama-sama melakukan pengecekan serta perawatan terhadap tanaman bayam dan Pokcai yang baru saja tumbuh, " jelas Danramil. 

Danramil juga menyebutkan, bahwa pondok pesantren BHD ini merupakan pondok pesantren pertama yang dilakukan pembinaan program kemitraan budidaya hidroponik.

"Terkait program ketahanan pangan ini khususnya hidroponik, ke depan kita juga akan membantu beberapa pondok pesantren yang ada di Kabupaten Rohil," katanya.

Budidaya sayuran hidroponik ini lanjutnya, dilaksanakan mengingat beberapa pondok pesantren yang ada di Rohil ini tidak bisa ditanam sayur secara langsung karena kondisi tanah yang rawa.

"Jadi hidroponik merupakan salah satu solusi yang kami berikan kepada pondok pesantren sekaligus membantu peningkatan gizi dari peningkatan sayur mayur dan kita harapkan dapat memenuhi kebutuhan para santri," papar Lettu Inf Sudarwanto. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ