Bati Tuud Koramil 02/TP Bersama Petugas Kontrol Kembali Cek Debit Air Sungai Rokan

Ahad, 02 Januari 2022 - 15:03:24 WIB Cetak

UJUNGTANJUNG -- Sebagai langkah antisipasi terjadinya banjir serta menindaklanjuti banjir yang terjadi di kepenghuluan Air Hitam,  kecamatan Pujud yang disebabkan tingginya curah hujan, untuk itu jajaran Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil langsung menyikapi dengan melakukan pengecekkan terhadap debit air. 

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Bati Tuud Koramil 02/TP, Pelda Lukas Joko Aprilanto pada Ahad (2/1/2022) bersama dengan petugas kontrol air melakukan pengecekan debit air disekitaran sungai Rokan. 

Dan dari pengecekan itu diketahui bahwa setakat ini ketinggian air di Sungai Rokan khususnya yang ada di sekitaran daerah kepenghuluan Ujung Tanjung kecamatan Tanah Putih mulai mengalami kenaikan. 

Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Pjs Danramil 02/TP, Lettu Inf Sudarwanto yang disampaikan oleh Bati Tuud, Pelda Lukas Joko Aprilanto membenarkan hal itu. 

“ Benar, tadi saya sudah melakukan peninjauan debit ketinggian air mulai naik dan kurang lebih 2,2 meter dari permukaan pinggiran sungai cm. Kendatipun air baru mulai naik, dihimbau kepada warga untuk lebih waspada dan siaga karena cuaca ini tidak menentu, bisa saja terjadi banjir,” kata Lukas Joko.

Dikatakannya, kenaikan debit air di sekitar sungai dikarenakan hujan terus mengguyur beberapa hari terakhir ini, sehingga memicu terjadinya kenaikan debit air sungai Rokan yang membentang dari Kabupaten Rokan Hulu hingga bermuara di selat Malaka di Bagan Siapiapi Kabupaten Rokan Hilir.

“Ya, kita menghimbau warga supaya waspada dan koordinasi apabila ketinggian air bertambah. Saat ini sesuai pemantaun airnya belum ada yang masuk ke pemukiman dan kondisi masih aman” kata Lukas Joko.

Pengecekan debit air Sungai Rokan ini, bertujuan sebagai langkah antisipatif bencana banjir kiriman akibat curah hujan tinggi juga dari hulu sungai  Kabupaten Rokan Hulu

 “Melalui pengecekan seperti ini, kita bisa saling berbagi informasi yang diperlukan dalam rangka kesiapan tanggap bencana, sehingga langkah antisipasi bisa diterapkan sedini mungkin,” kata Pelda Lukas Joko. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ