Untuk Keselamatan Kampung.

Sembahyang Tahunan Atau Sembahyang Kampung Atau Xia Kang Dilaksanakan Warga Tionghoa Penuba

Sabtu, 04 Desember 2021 - 12:45:53 WIB Cetak

      (Momenriau.com) - Seperti tahun-tahun sebelumnya, maka masyarakat tionghoa Desa Penuba Kecamatan Selayar Kabupaten Lingga, pada hari Sabtu (04/12-2021), melaksanakan kegiatan "Sembahyang Untuk Membersihkan Kampung" yang disebut juga "Xia Kang".
     Menurut salah seorang warga tionghoa penuba, usianya sangat  cukup layak untuk dipercaya, ketika ditemui awak media kami, dipelataran kediamannya namun enggan disebutkan namanya, menjelaskan secara singkat.
     "Menurut kami orang tionghoa, sembahyang tahunan ini atau kami sebut Xia Kang, bertujuan untuk membersihkan kampung dari  musibah, agar terhindar dari gangguan makhluk ghaib, agar penghuni kampung memperoleh hidup yang sejahtera dan lain-lainnya", demikian warga (sebut saja Ak-red) tersebut awal menjelaskan kepada awak media kami.
     "Sembahyang tahunan (Xia Kang-red) ini, bukan hanya mendo'akan warga tionghoa di kampung kita ini saja, namun secara umum mendo'akan seluruh warga yang ada di sini, termasuk umat-umat lainnya", tambah "Ak" lagi.


     "Setiap kami (warga tionghoa-red) akan melaksanakan kegiatan sembahyang tahunan, warga tionghoa Penuba yang berada diperantauan, akan pulang untuk mengikuti prosesi sembahyang tahunan atau sembahyang kampung (Xia Kang-red)", kata "Ak" menjelaskan.
     Menurut pantauan awak media kami dilapangan, selain pelaksanaan "Sembahyang Tahunan" atau "Sembahyang Kampung" atau "Xia Kang" penuh khidmat, pelaksanaannya juga mengikuti protokol kesehatan sesuai himbauan pemerintah.
      Dengan tujuan yang jelas, demi keselamatan kampung halaman, artinya ingin menyelamatkan semua warga di kampung halaman dengan tidak terkecuali, baik itu suku apapun, umat agama apapun, maka sebagai wujud penerapan Panca Sila ditengah kehidupan bermasyarakat, maka pelaksanaan "Sembahyang Tahunan" atau "Sembahyang Kampung" atau "Xia Kang" ini, harus sama-sama dipahami serta didukung.(edysam).




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ