Danramil 02/TP Beserta Persit Panen Sayur Hidroponik

Senin, 08 November 2021 - 13:50:05 WIB Cetak

UJUNGTANJUNG -- Komanda Rayon Militer (Koramil)  02/TP, Kapten Arh Jemirianto bersama dengan anggota dan Persit CK  Ranting 3 Ramil 02/TP pada Senin (8/14) melakukan panen sayuran di Makoramil setempat.

Berbagai macam jenis tanaman seperti sawi cina (Pok Cai), bayam merah dan selada tersebut ditanam secara hidroponik dihalaman Makoramil 02/TP sebagai lahan ketahanan pangan.

Dimana, sayuran hasil panen lahan hidroponik ini juga langsung dibagikan kepada warga masyarakat yang ada disekitaran Makoramil 02/TP.

Pemilihan sistem hidroponik ini dilakukan bukan karena minimnya lahan untuk ditanami sayuran, melainkan agar dapat dijadikan contoh bagi para anggota untuk dikembangkan dipekarangan rumah.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Arh Jemirianto mengatakan, ternyata menanam sayuran dengan menggunakan hidroponik hasilnya cukup bagus dan memuaskan.

Selain itu, sebutnya, menanam dengan cara seperti ini, sayuran dapat dipanen dalam waktu yang cukup singkat yaitu 1 bulan saja.

”Pembuatan hidroponik seperti ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan karena hanya memerlukan beberapa macam paralon yang dirangkai, kemudian pupuknya dari nutrisi yang diolah dengan air yang disirkulasikan ke alat hidroponik tersebut,” jelasnya.

Dandim menambahkan, selain pembuatannya mudah dan hasilnya yang cukup bagus, tanaman sayuran seperti ini juga mememiliki berbagai manfaat, diantaranya tidak tergantung pada tempat dan musim, bebas dari serangan hama dan penyakit yang berasal dari dalam tanah, menghemat penggunaan pupuk dan tidak memerlukan biaya yang banyak serta dapat dilakukan oleh siapa saja.

“Penanaman sayuran seperti ini, juga merupakan upaya untuk membantu mencukupi kebutuhan sayuran sehari-hari serta dapat memperindah pekarangan rumah,” ujar Kapten Arh Jemirianto. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ