Koramil 02/TP dan Poktanmas Mulai Lubangi Plastik Mulsa

Jumat, 29 Oktober 2021 - 12:59:23 WIB Cetak

MAMUGO -- Personil Koramil 02/TP Kodim 0321/Rohil yang tergabung dalam Kelompok 4 kembali bersama Kelompok Tani Masyarakat (Poktanmas) saling bahu membahu melubangi plastik mulsa.

Plastik mulsa tersebut dipasang dibedengan lahan seluas 5 hektare yang akan ditanami dengan semangka bertempat di kepenghuluan Mamugo kecamatan Tanah Putih,  Jumat (29/10).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Arh Jemirianto membenarkan kegiatan tersebut. 

Menurut Danramil pemasangan mulsa plastik ini sebaiknya dilakukan pada siang hari sewaktu matahari sedang terik-teriknya, sehingga mulsa plastik dapat ditarik dan dikembangkan secara manual. 

Selain itu, sambungnya, penggunaan mulsa plastik warna hitam untuk lapisan bawah dan warna perak untuk lapisan atas sangat diperlukan untuk penanaman cabai pada musim hujan. 

Salah satu keuntungan menggunakan mulsa lapisan atas perak adalah sinar ultraviolet ke permukaan bawah daun yang banyak dihuni oleh hama aphid, thrips, tungau, ulat, dan cendawan.

" Sekarang masuk tahapan pengerjaannya, yakni membuat lubang diatas plastik mulsa dengan jarak lubang yang disesuaikan untuk tanaman semangka, " terang Danramil. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ