Kodim 0321/Rohil Serahkan Bibit Tanaman Hidroponik ke Ponpes Bidayatul Hidayah

Jumat, 29 Oktober 2021 - 10:16:54 WIB Cetak

CEMPEDAK RAHUK -- Kodim 0321/Rohil terus melakukan pembinaan budidaya sayuran hidroponik. Dan selain melakukan pembinaan, Kodim 0321/Rohil juga memberikan bantuan paket hidroponik mulai dari material hingga bibit sayuran.

Hal ini terbukti dengan hadirnya Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi, Jumat (29/10) yang secara langsung menyerahkan bantuan paket budidaya hidroponik siap pakai yang secara langsung diterima pengasuh pondok pesantren Bidayatul Hidayah (BHD)  kelurahan Cempedak Rahuk kecamatan Tanah Putih. 

Dalam penyerahan ini Dandim 0321/Rohil juga didampingi oleh Danramil 02/TP, Kapten Arh Jemirianto, Supervisor PT PHE Siak,  Rizquinov Suryadiputra.

Dimana, bibit hasil dari program CSR PT PHE Siak ini juga diterima langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah Ustad HM Hasanuddin SHi dan Ustad Resman Spd.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang didampingi Danramil 02/TP, Kapten Arh Jemirianto mengatakan, pondok pesantren BHD ini merupakan pondok pesantren pertama yang dilakukan pembinaan program kemitraan budidaya hidroponik.

"Terkait program ketahanan pangan ini khususnya hidroponik, ke depan kita juga akan membantu beberapa pondok pesantren yang ada di Kabupaten Rohil,"katanya.

Budidaya sayuran hidroponik ini lanjutnya, dilaksanakan mengingat beberapa pondok pesantren yang ada di Rohil ini tidak bisa ditanam sayur secara langsung karena kondisi tanah yang rawa.

"Jadi hidroponik merupakan salah satu solusi yang kami berikan kepada pondok pesantren sekaligus membantu peningkatan gizi dari peningkatan sayur mayur dan kita harapkan dapat memenuhi kebutuhan para santri," paparnya.

Sebelum penyerahan bantuan paket hidroponik siap pakai tersebut kata Dandim, pihaknya sudah berikan pelatihan kepada para santri dan santriwati.

"Harapan kita bisa dikembangkan secara mandiri dan ini merupakan salah satu potensi untuk mendukung santri sesuai dengan program pusat dan ini harapan nya juga bisa dijual untuk meningkatkan penghasilan dari pesantren," terangnya kembali. 

Dandim juga berharap program ketahanan pangan yang digagas melalui Babinsa bisa menstimulasi perusahaan maupun masyarakat yang ingin bergabung dengan pihak kodim dan ingin menyalurkan bantuan kepada masyarakat khususnya pondok pesantren.

Sementara itu Pengasuh Pondok Pesantren BHD, Ustad HM Hasanuddin SHi sangat berterimakasih atas program dan bantuan yang diberikan Dandim tersebut.

Menurut Ustadz Hasanuddin, bahwa program yang diberikan Dandim ini sangat tepat. Sebab katanya, program dan pembinaan yang diberikan sangat menunjang para santri untuk mandiri.

"Program ini sangat menunjang para santri untuk mandiri dan program seperti ini lah yang sangat kami harapkan, program ini sangat tepat dan sangat luar biasa dan mudah-mudahan ini bisa kami kembangkan sehingga bisa memenuhi kebutuhan para santri dan menjadi pemasukan bagi pondok. Kita juga berharap program ini terus berlanjut ke depannya," pungkasnya. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ