Personil Koramil 02/TP Kembali Lanjutkan Pasang Mulsa dan Tanam Nenas di Hanpangan

Kamis, 28 Oktober 2021 - 14:25:36 WIB Cetak

MAMUGO -- Personil Koramil 02/TP kembali memberikan pendampingan kepada petani yang tergabung di Kelompok Tani Masyarakat (Poktanmas) dalam melanjutkan pemasangan mulsa. 

Kegiatan yang dilakukan Babinsa sebagai pendorong untuk mengatasi dan membangkitkan ekonomi keluarga yang ada di masyarakat saat ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Kelompok 4 Koramil 02/TP yang dipimpin oleh Pelda EH Purba bersama Kelompok Tani Masyarakat (Poktanmas) kembali melaksanakan pasangan plastik mulsa untuk tanaman semangka di demplot pertanian yang ada di kepenghuluan Mamugo kecamatan Tanah Putih, Kamis (28/10).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Arh Jemirianto mengatakan, pemasang plastik mulsa untuk tanaman semangka tersebut dipasang sebelum dikakukan penanaman bibit semangka. 

“Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban dan kesuburan tanah serta terhindar dari gulma yang akan tumbuh pada bedengan tanaman Semangka, ” katanya.

Selain menjaga kelembaban dan kesuburan tanah lanjutnya, pada saat melakukan pemupukan nantinya, pupuk tidak bersebaran kemana-mana jadi akar tanaman cabai tersebut mudah untuk menyerapnya.

“Lahan yang berukuran luas sekitar 5 hektare tersebut disiapkan untuk menanam semangka dan nenas,” terangnya.

Pembuatan dan pendampingan demplot tanaman cabai yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 02/TP adalah sebagai salah satu upaya untuk mengalihkan masyarakat yang selalu tertarik pada tanaman kelapa sawit sebagai salah satu usaha untuk pemenuhan kebutuhan.

“Padahal ada sisi lain yang lebih menjanjikan hasilnya namun butuh usaha keras untuk tahap pengelolaannya agar mendapatkan hasil yang melimpah dan berkualitas jual yang tinggi,”pungkas Kapten Arh Jemirianto. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ