Koramil 03/Bgs Ikuti Simulasi Penanganan dan Pemadaman Karlahut

Selasa, 19 Oktober 2021 - 11:33:17 WIB Cetak

BALAIJAYA -- Jajaran Koramil 03/Bgs dengan aparat kepolisian serta Regu Pemadam Kebakaran (RPK)  PT Salim Ivomas Pratama (SIMP) secara bersama melaksanakan kegiatan simulasi penangan dan pemadaman karlahut.

Kegiatan simulasi ini dilakukan usai apel kesiapsiagaan penanganan Karlahut yang di pusatkan dilapangan sepak bola Kebun Sei Dua Pondok 2 Kebun PT SIMP kelurahan Balai Jaya Kota kecamatan Balai Jaya,  Selasa (19/10).

Kegiatan simulasi menceritakan kebakaran lahan yang berupa semak belukar dilakukan dengan sengaja oleh warga yang membuka lahan pertanian. Selanjutnya api terlihat membesar dan api mulai menjalar ke lahan semak belukar lainnya.

Selain menggunakan alat pemadam kebakaran seperti mesin pompa air, alat semprot milik TNI-Polri serta perusahaan PT SIMP itu langsung melakukan penyemprotan terhadap titik api. 

Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Y Mendrofa membenarkan kegiatan tersebut. 

“Simulasi ini diharapkan menjadi edukasi bagi semua pihak dalam hal pencegahan Karhutla di kecamatan Balai Jaya khususnya dan wilayah Koramil 03/Bgs umumnya, " jelasnya. 

Pihaknya berharap seluruh elemen masyarakat di Melawi bisa ikut mendukung program pemerintah dalam hal pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Wilayah Koramil 03/Bgs.

“Persiapan serius terus dilakukan terkait dengan kewaspadaan dan pencegahan Karhutla di seluruh kecamatan yang berada dibawah naungan Koramil 03/Bgs. Termasuk dengan simulasi penanggulangan Karhutla ini, sebagai bentuk kesiapan dan persiapan dalam hal pencegahan dan pemadaman saat terjadi Karhutla,” tambahnya. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ