Antisipasi Karlahut, Danpok 6 Koramil 02/TP Laksanakan Komsos dan Patroli

Rabu, 13 Oktober 2021 - 15:36:54 WIB Cetak

TANJUNG MELAWAN -- Kabakaran hutan dan lahan (Karhutla) menjadi ancaman serius bagi kita semua, baik setiap musim kemarau ataupun di musim hujan yang bisa timbul api karena paktor alam, seperti petir khususnya, bisa terjadi kebakaran hutan dan lahan terutama lahan gambut dan perkebunan.

Oleh karena itu pada Rabu (13/10) personil Koramil 02/TP yang tergabung dalam Kelompok 6 dengan dipimpin oleh Pelda Suparma kembali melaksanakan patroli serta Komunikasi Sosial (Komsos) bersama warga untuk memberikan sosialisasi karhutla.

Dan kali ini personil Koramil 02/TP ini memilih lokasi semak belukar yang ada di kepenghuluan Melayu Besar kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan sebagai sasarannya. 

Dandim 0321/TP, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Arh Jemirianto mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukannya tersebut sudah menjadi kegiatan rutin khususnya pada musim kemarau ataupun di musim hujan.

" Disamping itu Babinsa juga rutin melakukan patroli bersama aparat desa setempat dan warga masyarakat ke tempat-tempat yang rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan," jelas Danramil. 

Menurutnya, kegiatan patroli tersebut selain mengecek secara langsung tempat rawan kebakaran, juga dimanfaatkan dengan menyampaikan himbauan kepada warga sekitar yang membuka lahan agar tidak melakukan pembakaran lahan.

Meski tidak ditemukannya titik api, Babinsa menegaskan, agar tetap waspada untuk menjaga kelestarian hutan dan lahan.

" Intinya, kita harapkan juga peran serta masyarakat untuk tidak membakar sembarangan, " terang Kapten Arh Jemirianto. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ