Aset.

Wisma Timah Dabosingkep Dikuasai Swasta ?.

Senin, 11 Oktober 2021 - 13:51:59 WIB Cetak

Wisma Timah Dabosingkep Dikuasai Swasta ?.

     (Momenriau.com Lingga). Pasca PT. Timah beraktivitas, kemudian hengkang dari Pulau Singkep (Dabosingkep-red), dengan sendirinya, banyak aset yang ditinggalkan dan aset seperti gedung-gedung, tentunya menjadi bangunan bersejarah, sebagai bukti nyata pada era terdahulu, Dabosingkep pernah mengalami suatu era kejayaan.
     Salah satu bangunan yang masih utuh hingga saat ini, adalah bangunan yang dikenal dengan nama Wisma Timah terletak hampir di jantung kota Dabosingkep, Kecamatan Singkep Kabupaten Lingga.
     Meskipun, sejumlah bangunan atau aset peninggalan PT. Timah tbk sudah dimiliki sepenuhnya oleh Pemerintah Kabupaten Lingga serta direnovasi untuk kebutuhan pendukung Pemerintah Daerah, namun masih ada beberapa yang belum dikuasai oleh Pemkab Lingga alias masih dikuasai pihak "Swasta".
     Menyikapi persoalan tersebut, salah seorang "Tokoh Masyarakat" Dabosingkep, "Rudi Purwonugroho" akhirnya gerah dan buka suara, agar Pemerintah Kabupaten Lingga, berupaya mengambil alih "Wisma Timah" tersebut dari penguasaan pihak Swasta.

"Saya sebagai bagian dari masyarakat, mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Lingga, untuk mengupayakan mengambil alih aset-aset bekas PT. Timah seluruhnya yang saat ini masih dikuasi oleh pihak swasta, paling tidak, bangunan-bagunan bersejarah ini bisa kembali ke masyarakat, melalui Pemerintah Daerah", ujar Rudi pada hari Minggu (10/10-2021) dihadapan beberapa awak media dikediamannya.

     "Saya pikir, memang sudah seharusnya aset -aset berharga bekas peninggalan perusahaan negara yaitu Perusahaan Timah ini, seutuhnya dimiliki oleh Pemerintah Daerah, misalnya Wisma Timah, bisa digunakan untuk menginap tamu-tamu yang datang ke Lingga, lalu dibawah Wisma Timah, ada kolam renang, kan bisa diaktifkan sebagai salah satu tempat rekreasi", lebih lanjut Rudi menjelaskan.
     "Saya berharap, pemerintah bisa secepatnya mengambil langkah bijak dalam persoalan ini, saya pikir ini adalah salah satu pekerjaan rumah yang harus dituntaskan Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga", Rudi menyampaikan harapan diakhir penuturannya.
     Kalau sudah menyangkut aset negara dan atau badan usaha milik negara maupun aset pemerintah daerah, semua itu pada dasarnya adalah merupakan aset masyarakat, jadi, rasanya tidaklah etis bila dikuasai dan dinikmati hasilnya oleh pihak swasta. Untuk itu, sejalan dengan harapan Rudi Purwonugroho SH selaku tokoh masyarakat, sebaiknya Bupati Lingga, segera memerintahkan pembantunya, dalam hal ini dinas yang membidangi persoalan " Aset".(editor edysam).




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ