Goro.

Budaya Teluk Mengkerang Hingga Kini Yaitu "Semangat Gotong Royong".

Ahad, 10 Oktober 2021 - 11:35:48 WIB Cetak

Budaya Teluk Mengkerang Hingga Kini Yaitu "Semangat Gotong Royong".


(Momenriau.com Lingga). Melestarikan budaya gotong royong, sampai saat ini masih kental pada sendi kehidupan sosial masyarakat, khususnya kampung "Teluk Mengkerang" desa "Pantai Harapan" "Kecamatan Selayar" Kabupaten Lingga.
Ini terlihat pada hari Minggu (09/10-2021), sewaktu Kepala Desa Pantai Harapan Firman bahu membahu dengan baik ketua RW dan juga ketua RT serta pengurus Mesjid bersama warga Kampung Teluk Mengkerang, penuh antusias membersihkan lokasi Mesjid yang terlihat masih belum kelir pembangunannya.
"Meskipun kerja untuk mencari nafkah itu penting, namun kami khususnya masyarakat kampung Teluk Mengkerang, kalau sudah menyangkut kepentingan Mesjid, maka persoalan mencari nafkah akan menjadi nomor dua", demikian Bakar salah satu pengurus Mesjid memaparkan.
"Pak wartawan bisa lihat, yang gotong royong ini, bukan kaum bapak saja, kaum ibu pun tidak mau ketinggalan, itu suatu bukti bahwa semangat gotong royong yang diwariskan oleh orang tua kita terdahulu, masih dipegang teguh oleh anak cucu mereka yaitu kami kami ini", demikian Bakar mengakhiri penjelasan singkatnya.
Semangat gotong royong, salah satu dari bentuk kekuatan besar yang spontan dari masyarakat itu sendiri. Menyadari hal tersebut, maka alangkah mulianya bila masih ada generasi yang berusaha untuk selalu mempertahankan serta menghidupkan semangat "Gotong Royong". Dan bila mungkin, ada daerah yang hampir punah semangat Gotong Royongnya, mari, segera bangkit, hidupkan api semangat "Gotong Royong", jaga agar api semangat budaya "Gotong Royong", terus hidup dari generasi ke generasi.(edysam).




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ