Koramil 03/Bgs Ikuti Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual Bersama Presiden

Jumat, 01 Oktober 2021 - 10:14:58 WIB Cetak

BAGANBATU -- Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Y Mendrofa memimpin personil Koramil 03/Bgs untuk mengikuti upacara Hari Peringatan Kesaktian Pancasila Tahun 2021 Secara Virtual (Zoom Meeting) bersama Presiden RI di aula Makoramil 03/Bgs, Jumat (1/10).

Dalam acara tersebut Presiden RI Jokowi bersama Wakil Presiden RI Maruf Amin dan Ketua DPRD RI Puan Maharani beserta staf Kementerian dan diikuti seluruh warga Indonesia Secara Virtual. Dimana, kegiatan ini adalah untuk mengenang para jasa pahlawan yang gugur saat pristiwa G30S/PKI. 

Setiap tanggal 1 Oktober, bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan ini dimaksudkan untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa. Selain itu, Hari Kesaktian Pancasila juga sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi.

Penetapan Hari Kesaktian Pancasila ini sangat erat kaitannya dengan peristiwa Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI. Peristiwa pemberontakan tersebut, telah menyebabkan 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD gugur. 

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, bangsa Indonesia selalu melakukan upacara. Selain menghargai jasa para pahlawan, peringatan ini juga perlu dilakukan agar bisa menjadi cermin dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kemudian dalam upacara tersebut diakhiri dengan pembacaan ikrar oleh Ketua DPRD RI Puan Maharani dan diakhiri dengan pembacaan Do'a.

Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Y Mendrofa mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila sering dimaknai sebagai upaya memperkokoh peran Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Tidak bisa dimungkiri bahwa Pancasila memiliki peran strategis sebagai fondasi dasar sebuah negara.

"Pada peristiwa 30 September 1965 atau dikenal dengan peristiwa G30S PKI, merupakan sejarah kelam bagi bangsa Indonesia. Dimana diketahui pada peristiwa G30S PKI ini, enam jenderal serta beberapa orang lainnya dibantai oleh sekelompok yang menurut otoritas militer saat itu merupakan Partai Komunis Indonesia", kata Danramil.

"Kesaktian Pancasila memiliki makna sebagai usaha untuk membentengi peranan Pancasila sebagai dasar Negara serta sebagai ideologi bangsa. Serta Pancasila juga mempunyai peranan yang sangat penting sebagai dasar utama Negara Indonesia. Tak hanya itu, makna Kesaktian Pancasila pun juga dimaknai sebagai penghormatan", ujarnya lagi. 

"Jadi, penghormatan juga termasuk dalam salah satu makna Kesaktian Pancasila. Karena pada dasarnya setiap warga Negara Indonesia wajib melakukan penghormatan kepada seluruh pahlawan yang telah gugur dalam melakukan tugas melindungi Pancasila", tutup Kapten Inf Y Mendrofa. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ