Berikan Materi Bela Negara, Koramil 03/Bgs Ajarkan PBB ke Pelajar

Ahad, 26 September 2021 - 12:07:36 WIB Cetak

BAGANBATU -- Tiga orang personil Koramil 03/Bgs yang dipimpin oleh Sertu Nikmal Siregar pada Ahad (26/9) melaksanakan pembinaan bela negara kepada para pelajar SMK Pembangunan Bagan Batu, kecamatan Bagan Sinembah. 

Dimana, pada penyampaian materi itu para Babinsa Koramil 03/Bgs memberikan pembelajaran seputar baris berbaris (PBB ). Hal ini guna memantapkan karakter bangsa dan pendidikan pendahuluan bela negara.

" Agar para siswa mengerti tujuan latihan ini untuk menanamkan rasa tanggungjawab, cinta tanah air, pengamalan Pancasila dan UUD 45. Dengan cara ini diharapkan mereka akan makin mampu meningkatkan rasa nasionalisme, serta memiliki jiwa korsa, persatuan dan kesatuan dalam mendukung tugas sekolah.” ujar Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang disampaikan Danramil 03/Bgs, Kapten Inf Y Mendrofa. 

Latihan yang diberikan itu, lanjut Danramil lagi berupa latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan dan Dasar-dasar Kedisiplinan serta latihan tata upacara bendera. Selain itu para Babinsa juga mengisi mereka dengan pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa. 

Dalam materi praktek, diawali dengan memberikan contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh seluruh siswa.

“Selanjutnya kami beri instruksi dan menilai gerakannya, jika masih salah akan kita koreksi dan diulangi lagi sampai benar,” kata Danramil lagi. 

Para siswa pun terlihat antusiasme dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa. Saat pemberian teori mereka memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa dan juga pada saat praktek mereka pun terlihat penuh bersemangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dilatihkan. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ