Bersama PPL Pertanian, Danpok 4 Koramil 02/TP Cek Ph Tanah Hanpangan

Kamis, 09 September 2021 - 13:51:53 WIB Cetak

MAMUGO -- Menindaklanjuti rencana pengolahan tanah untuk lahan ketahanan pangan yang sebelum dikelola dengan Kelompok Tani Masyarakat (Poktanmas) di lahan yang terletak di kepenghuluan Mamugo kecamatan Tanah Putih, untuk itu dilakukan pengecekan Ph tanah. 

Dimana, pada pengecekan Ph tanah itu Danpok 4 Koramil 02/TP yang dipimpin oleh Pelda EH Purba menggandeng pihak Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) kepenghuluan Rantau Bais dan Mamugo, Kamis (9/9).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Arh Jemirianto membenarkan kegiatan tersebut. 

" Dimana pengecekan Ph tanah itu perlu dilakukan sebelum memasuki pengolahan tanah menjadi lahan pertanian, " jelas Danramil. 

Dan dari pengecekan itu, lanjut Danramil lagi diketahui bahwa tanah tersebut memiliki Ph 4,5 sampai 5,5. "  Artinya, masih layak ditanam tanaman jagung dan nenas tapi masih butuh pupuk dolomite dan pupuk kimia lainnya, " terang Danramil lagi. 

Dan pengecekan Ph tanah itu menurut Danramil untuk memudahkan pengolahan lahan ketahanan pangan yang ada dikawasan kepenghuluan Mamugo. 

" Jika diketahui Ph nya, maka pengolahan dan perawatan lahan itu akan mudah. Apalagi lahan itu akan dikelola menjadi lahan ketahanan pangan bersama dengan Kelompok Tani Masyarakat, " ungkapnya. 

Dengan demikian Danramil mengharapkan bahwa lahan ketahanan pangan yang akan ditanam jagung dan nenas itu akan berhasil.  " Mudah-mudahan berhasil demi meningkatkan perekonomian masyarakat dimasa pandemi ini, " harap Kapten Arh Jemirianto.  (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ