Babinsa Koramil 02/TP Hadiri Peresmian Penanaman Perdana Budidaya Porang

Selasa, 07 September 2021 - 13:56:26 WIB Cetak

SINTONG -- Bersama dengan Datuk Penghulu Sintong Induk, Yusriadi, Direktur Bumkeb. Safril, Bhabinkamtibmas,  Bripka F Simbolon, Babinsa Koramil 02/TP, Serma Suyaka menghadiri kegiatan peresmian penanaman perdana budidaya tanaman porang.

Dimana, kegiatan tanaman perdana ini dilakukan diatas lahan ketahanan pangan yang dikelola secara bersama dengan Bumdes Sungai Sepayang,Kepenghuluan Sintong Induk, kecamatan Tanah Putih  pada Selasa (7/9).

Dandim 0321/Rohil, Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi SIP MI Pol yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/TP, Kapten Arh Jemirianto membenarkan kegiatan tersebut. 

Danramil 02/TP, Kapten Arh Jemirianto menyampaikan bahwa sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan diwilayah Koramil 02/TP tidak hanya memberikan andil dalam ketahanan pangan tapi memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap perkembangan perekonomian.

“Untuk itulah hari ini kita akan melakukan penanaman perdana Umbi Porang, yang kita ketahui Tanaman ini adalah sejenis Umbi yang dapat dimakan. Diketahui manfaat Porang banyak digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air selain juga untuk pembuatan lem dan jelly,” jelasnya.

Menurut Danramil, bahwa tanaman ini sebenarnya belum pernah ada. Dan karena masyarakat belum tahu nilai ekonomis, maka belum ada yang membudidayakan secara intensif. 

" Untuk itu hari ini akan jadi momentum bagi petani untuk ikut membudidayakan tanaman ini demi peningkatan perekonomian dimasa pandemi, " ungkap Danramil lagi. 

Danramil juga mengatakan, bahwa bidang pertanian menduduki posisi tertinggi dari keberhasilan program petani bangkit yang dijalankan selama ini.

“Jadi upaya dalam peningkatan bidang pertanian akan terus kita lakukan agar petani dapat meningkatkan taraf hidup mereka dan memberikan sumbangsih besar di bidang pertanian. Jadi tidak hanya Padi, Jagung, Karet tapi Tanaman Porang ini akan menjadi komoditi baru di bidang Pertanian,” papar Kapten Arh Jemirianto. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ