Wabup Resmikan Uji Fungsi dan Serah Terima Penggunaan PAMSIMAS di 5 Kepenghuluan

Kamis, 12 Agustus 2021 - 16:53:53 WIB Cetak

Wakil Bupati Rohil, H Sulaiman SS MH menggunting pita sebagai tanda peresmian uji fungsi Pamsimas

BASIRA -- Wakil Bupati Rokan Hilir,  H Sulaiman SS MH pada Kamis (12/8) meresmikan secara langsung sarana air minum dan sanitasi di 5 kepenghuluan yang ada di kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira).

Adapun kelima kepenghuluan tersebut adalah kepenghuluan Harapan Makmur, kepenghuluan Harapan Makmur Selatan,  kepenghuluan Bagan Sinembah,  kepenghuluan Salak dan kepenghuluan Bagan Sinembah Barat. 

Dimana, kegiatan peresmian yang dilaksanakan di Kepenghuluan Harapan Makmur Selatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perkin, Plt Kepala  PUTR, Plt Kepala Bappenda, Plt Kepala Bappeda, Kepala Satpol PP, Camat Bagan Sinembah Raya,  Drs HM Yusuf Msi serta Datuk Penghulu dan Lurah se-kecamatan Basira. Acara ini diawali dengan pemotongan pita di Reservoir Pamsimas.

Selain itu juga dihadiri oleh Ketua Patri Rokan Hilir, Nizar Akas, Pendamping Pamsimas Provinsi Riau dan Kabupaten Rokan Hilir serta masyarakat kepenghuluan Harapan Makmur Selatan. 

Camat Basira Drs HM Yusuf dalam sambutannya menyampaikan dikecamatan Basira  saat ini mendapatkan program PAMSIMAS di 5 Kepenghuluan yakni, Kepenghuluan Salak, Bagan Sinembah Barat, Bagan Sinembah, Harapan Makmur dan Harapan Makmur Selatan.

 Disampaikan Camat bahwa,  daerah yang mendapat program PAMSIMAS ini mayoritas daerah berbukit. Dan bahkan jika dilakukan pengeboran sumur bor harganya bisa mencapai 12 juta per sumur, namun dengan adanya program ini masyarakat dapat terbantu dan bisa menikmati air bersih.

" Terima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah memberikan bantuan program PAMSIMAS ini dan semoga bisa berfungsi sebagaimana mestinya," Ucap Camat Yusuf.

Sementara itu Wakil Bupati Rokan Hilir,  H Sulaiman SS MH mengatakan Pemerintah kabupaten Rokan Hilir bekerja keras dan berkomitmen dalam upaya meningkatkan akses air minum dan sanitasi yang layak untuk semua lapisan masyarakat. 

Hal ini dilakukan melalui kolaborasi  berbagai mode pembiayaan, baik melalui dana APBN (Program Pamsimas), Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun dana APBD kabupaten Rokan Hilir. 

“Kebutuhan air minum dan tersedianya sarana sanitasi merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat, maka pemenuhannya sudah tentu menjadi sebuah keharusan. Dengan diresmikannya sarana air minum dan sanitasi ini menjadi anugerah dan bukti nyata keseriusan Pemerintah dalam membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi bagi masyarakat, dengan harapan fasilitas yang sudah dibangun ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan tetap dijaga serta dikelola dengan baik,” tutur Sulaiman.

Dalam kesempatan itu Wabup juga mengungkapkan bahwa kedepannya seluruh daerah di kabupaten Rokan Hilir akan dapat menikmati program Pamsimas.

Wakil Bupati Rohil juga menjelaskan, Program Nasional PAMSIMAS ini dibangun oleh pemerintah pusat berkolaborasi dengan pemerintah desa yang anggarannya menggunakan dana APBN dan APBDES tahun 2021.

" Semoga program PAMSIMAS ini dapat bermanfaat dan dinikmati bagi warga khususnya untuk kebutuhan air bersih," ungkap Wabup saat peresmian.

Lebih lanjut Wabup berharap, kedepan Rokan Hilir dapat kembali mendapatkan program PAMSIMAS ini guna memenuhi kebutuhan warga masyarakat terutama warga yang berada di daerah yang sulit air atau di perbukitan.

" Dan ini juga diharapkan dapat menjadi percontohan di Rokan Hilir ini," ucap Wabup H.Sulaiman. (min)




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ