Hari Ini, Forkompimcam Basira Gelar Rakor Terbatas Siaga dan antisipasi Karlahut

Rabu, 28 Juli 2021 - 11:48:43 WIB Cetak

BASIRA-Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Bagansinembah Raya menggelar rapat koordinasi (Rakor) terbatas siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),Rabu (28/07).

Rakor bersama digelar Kantor Camat Bagansinembah Raya ini, turut hadir Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa Kapolsek Bagan Sinembah,Kompol Indra Lukman Prabowo SH Sik Kepala Puskesmas Boltrem dr Sri Purwati Ninggsih,Korwildik dan Lurah serta seluruh Datuk Penghulu se Kecamatan Basira.

Camat Basira Drs HM Yusuf MSi, mengatakan rapat koordinasi ini untuk tanpa tekad bersama, dalam upaya menanggulangi terjadinya Karlahut di Kecamatan Bagan Sinembah Raya bersama TNI-Polri dan peran Datuk Penghulu dengan mengakomodir Masyarakat Peduli Api(MPA).

"Kita (Forkopimcam,red) bersama dengan seluruh Datuk Penghulu satukan tekad untuk menanggulangi terjadinya Karlahut,"terang Camat pada Rakor Siaga Karlahut.

Disampaikan Camat, Pihaknya menghimbau jangan ada warga membakar lahan dan kepada seluruh komponen mari bersinergi seluruh masyarakat dan stakeholder dan nanti secara teknis akan dijelaskan oleh Danramil Kapten Inf Y Mendrofa.

Sementara, Danramil 03/Bgs Kapten Inf Y Mendrofa mengatakan Babinsa TNI bersama Bhabinkamtibmas Polri sering melaksanakan patroli Karlahut bersama, serta melakukan sosialisasi Karlahut ke masyarakat, dan patroli yang terus ditingkatkan.

"Puji tuhan sampai hari ini di Basira belum ada terjadi Karlahut, Kedepan saya berharap kita pertahankan tentang penanggulangan Karlahut di wilayah Basira," kata Kapten Inf Y Mendrofa

Kapolsek Bagan Sinembah Kompol Indra Lukman Prabowo SH Sik menyampaikan teknis hukum tindak tegas bagi pelaku pembakaran hutan dan lahan juga para Datuk Penghulu yang Daerahnya rawan terjadi kebakaran harus siap bertindak tegas.

"Kebakaran hutan juga salah satu persoalan Nasional jadi gerak tanggap yang harus diperlukan terlebih di daerah yang wilayahnya gambut jika terjadi kebakaran langsung harus dipadamkan agar tidak meluas dan masih gampang di padamkan,"jelasnya.

Kapolsek Bagan Sinembah mengharapkan jika terjadi kebakaran peran pemilik lahan harus berperan aktif dalam pemadaman jika tidak Datuk Penghulu harus bertindak tegas,"harus diberi teguran keras bila tetap membandel Datuk Penghulu dapat mencabut surat tanahnya kembali agar dapat di pertanggung jawabkan oleh pemilik lahan,"terangnya.

Rapat Koordinasi terbatas tepat pukul 11.30 Wib dan langsung dilanjutkan rapat pencegahan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Bagan Sinembah Raya, dengan kembali memperketat protokol kesehatan.(Ndri)

 

 

 




Tulis Komentar +
Berita Terkait+
ƒ